JAKARTA – Semifinal Coppa Italia resmi akan digelar pada 13 Juni dan Serie A dapat dilanjutkan mulai 20 Juni, kata Menteri Olahraga Vincenzo Spadafora.

“Itu pertemuan yang sangat berguna dan seperti yang telah kami katakan sejak awal, sepak bola akan dilanjutkan ketika kami memiliki kondisi untuk memastikan keamanan dan komite ilmiah teknis (CTS) memberikan semua-jelas kepada protokol,” kata Spadafora sebagaimana dilansir Football Italia pada Jumat (29/5/2020).

“Italia mulai bangkit kembali dan memang benar bahwa sepak bola harus melakukan hal yang sama. CTS setuju dengan protokol medis, tetapi mengonfirmasi kebutuhan mutlak untuk periode karantina jika seorang pemain dinyatakan positif.”

“Kami juga menerima jaminan proses tes swab untuk pemain tidak boleh memengaruhi atau mengurangi akses populasi umum untuk pengujian dengan cara apa pun.”

“FIGC [Federazione Italiana Giuoco Calcio] juga meyakinkan saya bahwa Plan B (play-off dan play-out) dan Plan C [menggunakan klasemen] dapat diadopsi jika terjadi penangguhan. Bagi saya bukan Menteri yang memutuskan, karena itu akan dilakukan oleh FIGC. Mengingat semua peristiwa itu, kita hari ini dapat mengatakan bahwa musim dapat dilanjutkan dari 20 Juni,” lanjutnya.

Spadafora berharap bahwa dari 13 hingga 20 Juni mereka dapat menyelesaikan Coppa Italia, karena itu akan menjadi sinyal positif bagi seluruh warga Italia.

Coppa Italia sedang berada semifinal, setelah hasil leg pertama Inter kalah 0 – 1 dari Napoli dan Milan imbang 1 – 1 versus Juventus. Final direncanakan berlangsung pada 17 Juni.