Bek tengah timnas Portugal, Ruben Dias membeberkan satu hal penting yang harus dimiliki sebuah tim untuk menjadi juara Piala Dunia 2022. Hal tersebut adalah koneksi antar pemain dalam membangun permainan sebagai tim.

Piala Dunia 2022 tidak lama lagi akan digulirkan. Sebanyak 32 negara akan saling sikut untuk bisa menjadi kampiun dari turnamen akbar yang digelar di Qatar tersebut.

Menjadi juara di Piala Dunia itu bukanlah sebuah pekerjaan yang mudah. Pasalnya setiap negara diperkuat oleh pemain-pemain terbaik sehingga tidak ada yang namanya laga mudah di turnamen ini.

Dias percaya bahwa tim dengan segudang pemain bertalenta akan percuma jika tidak mampu memanfaatkannya dengan baik. “Anda bisa saja memiliki pemain terbaik dalam kompetisi, tapi jika anda tidak tahu bagaimana memanfaatkan setiap pemain, maka anda tidak akan dapat beroperasi (bermain) dengan baik sebagai sebuah tim” ujar Ruben Dias dikutip dari FIFA.

Wajar saja Ruben Dias berkata demikian, pasalnya Portugal yang memiliki banyak talenta berkualitas hingga saat ini masih kesulitan di Piala Dunia. Terlebih lagi Dias yang merupakan pemain Manchester City sudah terbiasa bermain sebagai sebuah tim di bawah sistem Pep Guardiola.

Timnas Portugal adalah salah satu tim dengan kedalaman pemain yang baik di Piala Dunia 2022. Fernando Santos diberkahi oleh para pemain berkualitas di setiap posisi sebagai modal juara Piala Dunia 2022.

Portugal juga terbukti menjadi negara yang sering mengeluarkan talenta terbaik dunia. Nama-nama seperti Joao Felix dan Rafael Leao adalah contoh talenta muda terbaik Portugal saat ini. Kehadiran pemain berbakat tentu saja akan memperbesar peluang Portugal di Qatar.

Namun menurut Ruben Dias, talenta berbakat bukanlah suatu perbedaan yang dapat dilihat pada calon tim juara. Menurutnya talenta memang penting namun bukan berarti itu menjadi satu-satunya faktor yang bisa membawa sebuah tim menjadi juara Piala Dunia.

“Kami (Portugal) jelas merupakan generasi dengan banyak talenta, tetapi tim lain juga memiliki itu. Kami bukan satu-satunya” ujar Ruben Dias perihal peluang Portugal dengan talenta terbaiknya.

Sebagai tim unggulan, timnas Portugal tentu saja membutuhkan berbagai faktor yang membawa mereka menjadi juara Piala Dunia. Salah satu yang menjadi kelebihan tim asuhan Fernando Santos ini adalah keberadaan pemain bintang.

Kehadiran Cristiano Ronaldo tentu saja akan menjadi faktor kuat yang bisa mengangkat mental juara Portugal. Selain Ronaldo, Portugal juga masih memiliki beberapa pemain bintang seperti Bruno Fernandes, dan Bernardo Silva.

Namun menurut Ruben Dias, kemampuan individu yang baik akan sangat bermanfaat jika mampu dimanfaatkan. Kerja sama sebagai sebuah tim akan menjadi penghubung yang penting jika Portugal ingin menjadi juara di Piala Dunia 2022 nanti.

“Tidak diragukan lagi, jika boleh jujur, saya pikir itulah rahasia tim pemenang” ujar Dias saat ditanya mengenai tentang kerja sama tim.

“Tidak ada keraguan bahwa talenta dan kemampuan individu memberikan perbedaan, tetapi pada akhirnya yang paling penting adalah kemampuan kita untuk terhubung dan bekerja sama” tambah Dias.

Timnas Portugal akan memiliki dorongan untuk menjadi juara Piala Dunia 2022. Para pemain Portugal akan berjuang sekuat tenaga untuk memberikan yang terbaik bagi para pemain senior seperti Cristiano Ronaldo, Pepe, dan Joao Mautinho.

Terlebih lagi Portugal masih akan diperkuat Ronaldo yang sangat berambisi melengkapi lemari trofinya dengan gelar Piala Dunia 2022. Ruben Dias menganggap kehadiran para pemain senior seperti Ronaldo akan menjadi motivasi lebih bagi pemain lainnya.

“Saya pikir itu akan menjadi motivasi lebih, Piala Dunia jelas akan memberikan motivasi ekstra, tetapi jika ada satu alasan bagus mengapa Anda lebih bersemangat, maka itu dia (Ronaldo)” ujar Dias.

“Mereka (Ronaldo, Pepe, Mautinho) adalah tiga pemain yang telah membuat jejak di seluruh generasi Portugal, mereka juga telah membuat jejak mereka sendiri di dunia sepak bola. Sangat bagus bahwa kami memiliki mereka” tambah Dias.