Sepak bola saat ini tidak bisa dipungkiri telah menjadi salah satu cabang olahraga terpopuler di dunia.

Permainan sepak bola itu digemari banyak orang, baik pria dan wanita, usia muda hingga tua.

Maka tidak heran, jika sepak bola menjadi salah satu olahraga terpopuler di dunia saat ini.

Di balik tenarnya permainan sepak bola saat ini, ternyata permainan ini sudah ada sejak ribuan tahun yang lalu.

Asal usul sepak bola dunia

Permainan si kulit bulat ini ternyata sudah ada sejak 3000 tahun lalu dan dimainkan di berbagai penjuru dunia dalam bentuk yang berbeda.

Dikutip dari buku Sepak Bola (2019) karya Ina Hasanah, asal usul permainan sepak bola sudah mulai ada dan dikenal pada 255-206 SM (Sebelum Masehi) sekitar abad ke-2 hingga ke-3.

Permainan sepak bola berasal dari negara China. Permainan si kulit bulat itu dimainkan oleh para tentara untuk melatih fisik, tepatnya pada zaman Chun Qiu Zhan Guo (musim semi musim gugur negara berperang).

Saat itu, sepak bola dikenal dengan istilah Tsu Chu. Tsu, yang artinya menerjang bola dengan kaki, sedangkan Chu, artinya bola dari kulit dan ada isinya.

Bola yang digunakan terbuat dari kulit, jaring yang terpasang dibuat dari tongkat bambu.

Selain China, Yunani juga telah mengenal permainan sepak bola sejak tahun 800 SM, yang dikenal dengan nama episkyro serta harpastum.

Sama seperti tsu chu, permainan episkyro dan haspastum juga bertujuan untuk melatih kekuatan fisik prajut kerajaan.

Dalam buku The World’s Game: A History of Soccer karya Bill Muray, bahwa sepak bola sudah dimainkan sejak awal masehi.

Orang-orang di era Mesir Kuno sudah mengenalkan permainan membawa dan menendang bola yang dibuat dari buntalan kain linen.

Sejarah Sepak Bola Modern

Perjalanan sepak bola menjadi salah satu cabang olahraga terpopuler di dunia berawal dari perkembangannya di Inggris.

Semua berawal dari upaya merancang peraturan permainan sepak bola oleh sekelompok mahasiwa asal Universitas Cambridge.

Dalam rancangan peraturan tersebut, muncul kesepakatan untuk melarang pemain menggunakan tangan baik untuk membawa bola maupun mencetak gol.

Tujuan dari adanya larangan tersebut adalah untuk membedakan dasar permainan sepak bola yang kita kenal sampai saat ini, dengan cabang olah raga populer lain di Inggris, yaitu Rugbi.

Pada tahun 1863 di London, sebuah organisasi dibentuk sebagai penggerak utama kepopuleran sepak bola di Inggris. Organisasi itu adalah Football Association (FA), atau Asosiasi Sepak Bola Inggris.

Setelah FA dibentuk, turnamen pertama sepak bola Inggris bertajuk Football Association Challenge Cup digelar pada 1871.

Turnamen tersebut, yang kini kita kenal sebagai Piala FA, sekaligus menjadi ajang kejuaraan domestik paling tua di dunia.

Kemudian, permainan sepak bola terus tersebar ke berbagai dunia, seperti sejumlah negara Benua Eropa, Amerika Serikat dan negara lainnya.

Pada 21 Mei 1904 induk organisasi sepak bola dunia didirikan dengan nama Federation Internationale de Football Association atau yang lebih dikenal dengan FIFA.

FIFA didirikan oleh Perancis, Belgia, Denmark, Belanda, Spanyol, Swiss serta Swedia. Kejuaraan dunia sepak bola pertama kali diadakan di Uruguay, pada 1930.

Hingga saat ini, FIFA memegang mandat sebagai badan penyelenggara permainan sepak bola secara global termasuk bertanggung jawab menggelar turnamen akbar, Piala Dunia.

FIFA juga tergabung dalam Dewan Asosiasi Sepak Bola Internasional (IFAB) bersama FA, Asosiasi Sepak Bola Skotlandia, Irlandia Utara, dan Wales.

Tugas utama dari dewan ini adalah mengatur serta menguji berbagai peraturan serta fenomena perkembangan sepak bola secara rutin hingga saat ini.

Apakah istilah football dan soccer artinya berbeda?

Jawabannya adalah tidak. Sebab kata soccer dan football merujuk pada permainan yang sama yakni sepak bola.

Hanya saja, penggunaan masing-masing kata populer atau umum digunakan di wilayah berbeda walaupun merujuk pada permainan yang sama.

Seperti dikutip dari laman Encyclopedia Britannica, soccer menjadi sebutan populer sepak bola di Amerika Serikat sebagai pembeda dari american football.

Bahkan, penggunaan kata soccer ini diadopsi para pemain sepak bola amatir di Amerika Serikat sejak awal abad ke-20.

Adanya dua istilah berbeda ini membuat asosiasi sepak bola Amerika Serikat mengambil jalan tengah untuk nama organisasinya.

Organisasi itu memilih untuk menuliskan United States Soccer Football Association sebagai nama lengkap pada 1945.

Namun, nama organisasi induk sepak bola Amerika Serikat lantas berubah lagi menjadi United States Soccer Federation pada 1974 yang dipakai sampai saat ini.