Berita Liga Italia: Beragam opsi terus dikumpulkan untuk ‘menyelamatkan’ Serie A, salah satu ide yang sedang digodok adalah dengan menggelar babak play-off.

FIGC terus mengumpulkan opsi terbaik yang bisa diambil untuk ‘menyelamatkan’ Serie A, sebelum mengambil opsi menghentikan kompetisi secara total. Salah satu opsi yang belakangan ini muncul adalah, dengan menggelar babak play-off.

“Tanpa urutan prioritas, opsinya penyelamatan Serie A adalah dengan tidak menentukan scudetto. Laporan akan langsung diberikan ke UEFA terkait mana yang lolos ke kompetisi Eropa (Liga Champions dan Liga Europa,” ujar pernyataan federasi.

Opsi lainnya yang bisa diambil adalah, dengan menggunakan sistem play-off untuk menentukan juara Serie A musim ini, dan play-out untuk menentukan tim yang harus terdegradasi ke Serie B.

Babak play-off sendiri sebenarnya bukan hal yang baru. Di musim 1963/64 silam, ketika itu Inter Milan dan Bologna sama-sama finis dengan 54 point. Untuk menentukan juara, kedua tim bertanding di stadion netral, dan dimenangkan Bologna dengan skor 2-0.

“Yang ketiga dan hipotesis terakhir yang bisa diambil untuk menyelamatkan sepak bola Italia adalah, dengan menggelar play-off untuk menentukan gelar juara Italia dan play-out untuk menentukan tim yang terdegradasi ke Serie B,” pungkas pernyataan tersebut.

FIGC sendiri belum menentukan keputusan mana yang harus diambil. Pertemuan akan kembali digelar pada 23 Maret 2020 mendatang. Belum dipastikan apakah dalam pertemuan tersebut akan menghadirkan keputusan akhir atau tidak.