Empat tim sepak bola telah memastikan lolos ke semifinal Olimpiade Tokyo, yaitu Spanyol, Brasil, Jepang dan Meksiko. Mereka akan bertarung untuk lolos ke final dan menjadi juara.

Brasil yang merupakan juara bertahan akan menghadapi Meksiko, sedangkan tim tuan rumah melawan Spanyol di babak empat besar. Pertandingan akan berlangsung pada Selasa, 3 Agustus nanti.

Empat tim yang masing-masing diperkuat pemain U-23 dikombinasi dengan tiga pemain senior ini berhasil melaju ke semifinal ini mempunyai keunggulan yang menjadi modal penting untuk bisa lolos ke final. Berikut peluang keempat tim tersebut.

Spanyol

Timnas Spanyol lolos ke babak semifinal setelah mengalahkan Pantai Gading dengan skor 5-2. Kemenangan itu harus diraih lewat babak perpanjangan waktu.

Spanyol lolos ke semifinal untuk ketiga kalinya. Sebelumnya mereka menjadi juara pada 1992 dan merebut perak pada 2000.

Tim ini memiliki skuad terkuat dengan pemain yang baru saja tampil di Euro 2020, yaitu Unai Simon, Eric Garcia, Pau Torres, Pedri Gonzalez, Mikel Oyarzabal, dan Dani Olmo.

Di tim Spanyol juga bisa mengandalkan Rafa Mir yang menunjukkan performa bagus di Olimpiade. Dia mencetak tiga gol dalam kemenangan 5-2 atas Pantai Gading di perempat final.

Brasil

Penampilan timnas Brasil kurang meyakinkan selama pertandingan ini. Mereka lolos ke semifinal setelah menang tipis 1-0 atas Mesir berkat gol Matheus Cunha yang memanfaatkan umpan dari Richarlison pada babak pertama.

Pasukan Andre Jardine mencatat kemenangan meyakinkan saat mengalahkan Arab Saudi 3-1 di babak penyisihan grup, tetapi kurang menginspirasi saat bermain imbang dengan Pantai Gading dan kemenangan atas Mesir.

Meski demikian, mereka mempunyai peluang untuk bisa mencapai final dengan skuad yang membanggakan, memiliki Dauglas Luiz, Malcolm dan Richarlison. Mereka berambisi ingin meraih medali emas Olimpiade beruntun setelah kemenangan di Rio de Janaeiro 2016.

Jepang

Tim tuan rumah tampil membanggakan di Olimpiade 2020 ini. Timnas Jepang tampil menakjubkan dan berhasil lolos ke semifinal.

Mereka menjadi satu-satunya tim yang memenangkan ketiga pertandingan grup, meski kemenangan atas Selandia Baru di babak perempat final diperoleh lewat adu penalti.

Catatan tanpa kekalahan hingga saat ini menjadi modal penting untuk bisa tampil percaya diri menghadapi Spanyol di semifinal.

Takefusa Kubo atau Take Kubo merupakan pemain bintang yang berperan penting di tim Jepang. Pemain sayap Real Madrid itu tentunya akan berusaha menampilkan performa terbaiknya untuk bisa mengalahkan Spanyol.

Meksiko

Perjalanan timnas Meksiko menuju semifinal sangat menjanjikan. Mereka tampil gemilang mengalahkan Korea Selatan 6-3 di perempat final.

Mereka hingga saat ini telah mencetak 14 gol, gol terbanyak dari empat tim yang lolos ke semifinal. Mereka juga mempunyai pertahanan yang bagus dengan hanya kebobolan empat gol.

Meski mereka harus menghadapi tugas berat melawan Brasil, Meksiko sepertinya akan tetap merasa percaya diri melanjutkan performa bagus yang selama ini demi mengulang kesuksesan menyabet medali emas Olimpiade London 2012.