oleh

Tidak Ada Wakil Real Madrid di Timnas Spanyol Piala Eropa 2020

Luis Enrique punya peluang mencetak sejarah saat mengumumkan skuad timnas Spanyol untuk Euro 2020 nanti. Sebab, ada kemungkinan Spanyol tampil tanpa satu pun pemain dari Real Madrid.

Luis Enrique bakal mengumumkan daftar 26 pemain Spanyol yang tampil di Euro 2020 pada Senin (24/5/2021) waktu setempat. Sampai saat ini, belum ada bocoran siapa yang akan dibawa mantan pelatih Barcelona.

Nama-nama populer seperti Alvaro Morata, Marcos Llorente, Koke, Sergio Busquets, hingga Jordi Alba diyakini bakal masuk skuad. Lantas, bagaimana dengan nasib pemain dari Real Madrid yang bisanya membela timnas Spanyol?

Sudah menjadi tradisi jika Real Madrid menyumbang banyak pemain ke timnas Spanyol. Pada 2018 lalu, Luis Enrique memanggil enam pemain Real Madrid untuk tampil membela timnas. Tapi, situasi saat ini cukup sulit bagi Madrid.

Para pemain Spanyol di Real Madrid mengalami periode yang sulit. Dani Carvajal mengalami cedera berulang kali. Bek kanan jagoan Spanyol itu sudah pasti absen di Euru 2020.

Lalu, ada nama Marco Asensio yang juga berjuang untuk bisa mendapatkan performa terbaiknya. Asensio memang bugar sepanjang musim, tapi performanya jauh dari konsisten dan mungkin tidak dipilih Luis Enrique.

Madrid hanya punya Sergio Ramos dan Nacho yang mungkin dipilih Luis Enrique. Namun, kondisi Ramos meragukan usai dihantam banyak cedera sepanjang musim. Sementara, Nacho tidak bermain secara reguler. Nahco baru tampil ketika duet Ramos dan Raphael Varane absen.

Sepanjang sejarah, Spanyol belum pernah tampil di turnamen besar tanpa pemain Real Madrid di skuad. Jadi, jika Luis Enrique tidak membawa satu pun pemain Real Madrid di Euro 2020, maka akan tercipta sejarah baru.

Piala Dunia 1950 jadi momen di mana Real Madrid hanya punya satu pemain di timnas Spanyol. Ini adalah turnamen dengan wakil pemain Madrid di timnas Spanyol paling sedikit.

Pada Piala Dunia 2018 lalu, ada lima pemain Real Madrid yang dibawa Julen Lopeteui. Hanya saja, Sergio Ramos dan kolega tidak mampu menyelamatkan La Roja dari hasil buruk di Piala Dunia 2018.