Timnas Indonesia U-19 memanggil dua pemain keturunan baru ke Kroasia. Mereka adalah Kelana Noah Mahesa dan Luah Fynn Jeremy yang berdarah Jerman-Indonesia.

Kelana Noah dan Luah telah bergabung ke Pemusatan Latihan Timnas U-19 di Kroasia sejak Senin (19/10/2020) kemarin. Kedua pemain didatangkan PSSI atas keinginan Shin Tae-yong.

Kemampuan kedua pemain ini untuk dipantau kebolehan dan kelayakannya untuk membela Timnas U-19 yang akan tampil di Piala Asia U-19 2020 dan Piala Dunia U-20 2021.

“Saya mengundang dua pemain ini untuk datang ke Kroasia karena saya ingin melihat langsung kualitas mereka,” kata Shin Tae-yong dalam rilis PSSI.

“Pertimbangan mendatangkan dua pemain ini ke Kroasia karena jarak dari negara mereka (Jerman) tidak terlalu jauh ke sini (Kroasia),” ujarnya menambahkan.

Shin Tae-yong memang sudah pernah menyatakan keinginannya untuk melihat kemampuan para pemain keturunan Indonesia di luar negeri. Beberapa di antaranya sudah ia panggil dan bergabung lebih awal di Timnas Indonesia U-19 yakni Jack Brown dan Elkan Baggott.

Ia menolak memanggil pemain naturalisasi yang tak ada hubungan darah dengan Indonesia. Pelatih asal Korea Selatan cuma ingin membentuk Timnas U-19 yang kompetitif dengan komposisi para pemain lokal dan pemain keturunan.

“Ada sejumlah pemain keturunan yang saya ingin lihat langsung kemampuannya, namun baru dua pemain ini yang bisa ke Kroasia. Mungkin saja kami akan panggil saat pemusatan latihan (TC) selanjutnya sambil menunggu perkembangan,” tutur Shin Tae-yong.

Noah berusia 19 tahun dan lahir pada 30 Januari 2001. Sementara Luah Fynn Jeremy Mahesa berusia 18 tahun dan lahir pada 30 Juli 2002.

Keduanya merupakan kakak-adik yang tercatat sebagai anggota klub Bonner SC yang berkompetisi di Regionalliga West atau kasta keempat kompetisi sepak bola di Jerman. Baik Kelana Noah dan Luah pernah mencoba peruntungannya di Indonesia dengan ikut seleksi di Persela Lamongan pada Agustus 2019.

“Saya sangat senang mendapat undangan dari pelatih Shin Tae-yong untuk mengikuti latihan bersama Timnas U-19 di TC Kroasia. Saya ingin menjadi bagian dari tim ini, tidak mudah namun saya akan berjuang,” tutur Noah.

Dalam pertandingan Timnas Indonesia U-19 kontra Hajduk Split, Selasa (20/10), yang sudah kick-off pukul 16.00 WIB, Kelana Noah langsung dimainkan sebagai starter. Luah juga masuk daftar susunan pemain, namun harus menunggu kesempatan tampil dari bangku cadangan..