Pelatih timnas Italia, Roberto Mancini, menyebutkan nama satu negara yang menurutnya bisa jadi kandidat juara Piala Dunia 2022.

Perkataan Roberto Mancini tersebut bukan terjadi baru-baru ini, melainkan ketika timnas Italia masih berjuang untuk menjuarai Euro 2020.

Media Italia, Rai Sport, membuat film dokumenter berjudul “Sogno Azzurro” yang mengisahkan soal kesuksesan timnas Italia di Euro 2020.

Adapun Italia keluar sebagai jawara Euro 2020 seusai membekuk Inggris di partai final.

Menjalani laga final Euro 2020 di Stadion Wembley, Senin (12/7/2021), Italia berhasil juara berkat kemenangan 3-2 atas Inggris via adu penalti.

Drama adu penalti sendiri harus dilakoni setelah Italia dan Inggris bermain sama kuat 1-1 hingga tambahan waktu.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sebelum mencapai final, Gli Azzurri melewati jalan begitu terjal dengan melawan timnas Belgia (8 besar) dan Spanyol (semifinal).

Terkait laga melawan timnas Spanyol di semifinal Euro 2020, Rai Sport menayangkan satu poin menarik saat Roberto Mancini memberikan komentar jelang pertandingan.

Mancini berkomentar mengenai Spanyol dengan menyebut sang lawan memiliki skuad yang luar biasa dan bisa menyulitkan Italia.

Lebih lanjut, eks pelatih Manchester City itu seketika menyinggung La Roja merupakan kandidat juara di Piala Dunia 2022.

“Anda tidak selalu bisa menang dengan mengendalikan permainan. Kami inginkan mendominasi, tetapi ada juga lawan yang sangat bagus,” kata Mancini kepada para pemainnya jelang semifinal dalam film dokumenter Rai Sport.

“Jika harus, tak apa bermain menunggu. Biarkan mereka bermain. Tetap tenang.”

“Spanyol memiliki skuad hebat. Anda akan melihat di Piala Dunia bahwa persaingan akan terjadi antara kami (italia dan Spanyol) serta mungkin satu tim lain. Mereka memiliki pemain yang muda, tetapi sangat bagus,” tambahnya.

“Laga semifinal tidak akan mudah, kami harus menderita sampai akhir. Namun, kami akan mencoba melakukannya bersama seperti biasa,” jelas sang pelatih.

Ketika laga semfinal Euro 2020 bergulir, timnas Spanyol benar-benar tampil berkelas sehingga Italia untuk pertama kalinya gagal mendominasi laga di Euro 2020.

Azzurri bermain imbang 1-1 dengan La Roja dalam partai semifinal yang berlangsung selama 120 menit.

Leonardo Bonucci dkk kesulitan melawan timnas Spanyol sehingga lebih banyak digempur dalam waktu normal dan tambahan.

Tercatat, timnas Spanyol mampu membuat 16 upaya ke arah gawang, berbanding tujuh attempts milik Italia.

Tiki-taka La Roja juga membuat mereka unggul secara penguasaan bola hingga 71 persen.

Beruntung, timnas Italia hanya kebobolan sekali melawan Spanyol karena menampilkan pertahanan yang luar biasa.

Laga Italia vs Spanyol kemudian melaju ke babak tos-tosan dan Gli Azzurri berjaya dengan kemenangan 4-2.

Azzurri pun dapat merengkuh tiket final, lalu mengalahkan timnas Inggris dan merengkuh trofi Piala Eropa untuk kali kedua dalam sejarah mereka.