oleh

Trio Delaney, Eriksen, Hojbjerg Jadi Tumpuan Timnas Denmark di Piala Dunia Qatar 2022

Timnas Denmark punya misi besar untuk mengukir sejarah baru di Piala Dunia 2022. Christian Eriksen akan memimpin rekan-rekannya mendapatkan trofi Piala Dunia pertama mereka di Qatar November nanti. 

  

Denmark tergabung dalam Grup D Piala Dunia 2022 bersama Prancis, Tunisia, dan Australia. Trio Thomas Delaney, Christian Eriksen, dan Pierre-Emile Hojbjerg menjadi andalan timnas Denmark mendapatkan satu tiket ke Fase Knock-Out Piala Dunia 2022. 

Ketiga pemain ini akan mengawal lini tengah Denmark beradu kemampuan dengan para gelandang kelas dunia di Grup D. Pengalaman mereka bermain di liga top Eropa menjadi modal besar untuk memperkuat permainan timnas Denmark. 

 Bagaimana kiprah ketiga gelandang timnas Denmark tersebut. 

Thomas Delaney merupakan salah satu pemain berpengalaman Denmark yang punya riwayat bermain yang cukup panjang di Eropa. Mengawali karier di FC Copenhagen, Delaney saat ini menjadi tumpuan di lini tengah Sevilla. 

 Hal serupa juga berlaku bagi Christian Eriksen di Manchester United musim ini. Bersama Bruno Fernandes, pengalaman Eriksen sangat dibutuhkan membangun kekuatan baru di lini tengah Manchester United. 

 Suksesor Eriksen di Tottenham, Pierre-Emile Hojbjerg bahkan menjadi salah satu pemain kunci saat ini. Kontribusi tiga gold an tiga assist Hojbjerg sangat penting bagi Tottenham Hotspur yang tengah berburu gelar di papan atas Premier League musim ini. 

 Kualitas trio lini tengah Denmark ini dibuktikan dengan hampir selalu dimainkan sebagai starter di tim-tim besar tersebut. Terlebih lagi ketiganya sedang berada dalam usia matangnya sebagai pemain sepak bola. 

Trio Delaney-Eriksen-Hojbjerg juga sukses bawa Denmark tampil memuaskan di beberapa laga terakhir. Salah satu bukti kualitas trio ini adalah ketika mengalahkan Prancis di ajang UEFA Nations League 2022. 

Trio Delaney-Eriksen-Hojbjerg selalu turun sebagai starter di dua leg melawan Prancis. Hasilnya, Denmark menang 2-1 saat bermain di Prancis dan menang 2-0 saat bermain di hadapan publiknya sendiri. 

Padahal Prancis merupakan salah satu timnas dengan materi pemain di lini tengah terbaik di dunia. Dengan modal tersebut Prancis mampu memenangkan Piala Dunia 2018 dan UEFA Nations 2021. 

Namun semua itu berhasil dihalau dengan baik oleh trio lini tengah Denmark. Trio ini bahkan selalu tampil mengagumkan saat bersua Prancis di UEFA Nations League 2022. 

Di leg pertama, Hojbjerg berhasil mencetak satu assist yang membantu Denmark menyamakan kedudukan. Di leg kedua, Eriksen keluar sebagai Man of The Match sementara Delaney berhasil mencatatkan satu assist bagi gol kedua Denmark. 

Selebrasi skuad Denmark untuk gol Jonas Wind ke gawang Austria, UEFA Nations League 2022/23 (c) AP Photo 

Trio Delaney-Eriksen-Hojbjerg juga bukanlah hal yang baru di lini tengah timnas Denmark. Ketiga pemain ini telah bekerja sama lebih dari lima musim di timnas Denmark. 

Masing-masing pemain sudah mengantongi lebih dari 50 caps di timnas Denmark. Christian Eriksen bahkan sudah mencatatkan caps ke-117 nya bagi timnas Denmark. 

kerja sama yang sudah lama terjalin ini menjadi modal yang bagus bagi Denmark di Piala Dunia 2022. Bukti pentingnya kerja sama yang lama di lini tengah terbukti saat laga melawan Prancis di UEFA Nations League 2022. 

walaupun gelandang timnas Prancis bertabur bintang, namun hal tersebut belum cukup menghadapi trio lini tengah Denmark yang sudah terjalin lebih dari lima musim. Alhasil, Aurelien Tchouameni dkk harus mengakui keunggulan trio Denmark sebanyak dua kali.