Kabar peresmian Unai Emery sebagai pelatih baru Villarreal sampai di telinga bos Arsenal saat ini, Mikel Arteta. Tentu, Arteta tak segan mengucapkan selamat.

Emery ditunjuk menggantikan Javier Calleja, mengusung proyek besar Villarreal. Ini adalah pekerjaan pertamanya sejak meninggalkan Emirates Stadium sekitar delapan bulan lalu.

Saat itu, pemecatan Emery memang tak bisa dihindari. Arsenal melangkah dalam laju buruk, tanpa kemenangan dalam tujuh pertandingan di semua kompetisi. Akhirnya manajemen mengambil keputusan berani dengan memutus sepihak kontrak Emery.

Setelahnya skuad Arsenal sempat dipimpin Freddie Ljungberg, yang hanya bekerja selama beberapa pekan. Tak lama, Arteta pun ditunjuk sebagai pelatih pengganti permanen dan masih bertahan sampai saat ini.

Meski pekerjaannya sekarang dibangun atas kegagalan Emery, Arteta merasa sebenarnya kerja keras Emery patut dihargai. Dia pun mengharapkan yang terbaik untuk kelanjutan karier Emery di Spanyol nanti.

“Selamat untuk pekerjaan barunya, dia [Emery] kembali ke Spanyol. Dia adalah pelatih dengan segudang pengalaman dan pernah sukses di sana,” ungkap Arteta di laman resmi Arsenal.

“Kami mendoakan yang terbaik untuknya dari sini. Ada banyak orang dalam tim ini yang menyukai dia dan saya menaruh respek tinggi terhadapnya.”

“Saya pun berterima kasih untuk apa yang sudah dia lakukan di sini dengan para pemain, usaha mengembangkan tim dan skuad. Kami mendoakan yang terbaik untuknya dan semoga semua berjalan baik,” imbuhnya.