Pesepakbola megabintang dunia, Cristiano Ronaldo, menambah panjang daftar penghargaan individu yang telah diterimanya. Kini, Cristiano Ronaldo baru saja mendapatkan penghargaan Golden Foot Award.

Sebagaimana dikutip dari The Sun, Senin (21/12/2020), Golden Foot merupakan penghargaan yang diberikan sekali seumur hidup kepada pemain terbaik setiap tahunnya. Pemilihan pemenang Golden Foot dilakukan melalui voting oleh beberapa jurnalis dari seluruh dunia.

Pengumuman CR7 -julukan Cristiano Ronaldo- menjadi penerima penghargaan ini sendiri sejatinya telah disampaikan sejak awal Desember 2020. Tetapi, penyerahan trofi baru dilakukan kemarin malam di Monaco.

Pencapaian ini terbilang luar biasa karena rival terberat Cristiano Ronaldo, yakni Lionel Messi, sendiri diketahui belum pernah menerima penghargaan tersebut. Dengan begitu, penyerang asal Portugal itu punya keunggulan di atas Lionel Messi yang menerima trofi Ballon d’Or lebih banyak darinya.

Cristiano Ronaldo sendiri menjadi pemain ke-13 yang menerima penghargaan Golden Foot. Penghargaan ini pertama kali diperkenalkan pada 2003. Penghargaan diberikan kepada pemain aktif berusia di atas 28 tahun dan hanya dapat dimenangkan sekali.

Penghargaan tersebut telah dimenangkan oleh orang-orang hebat, seperti Roberto Baggio, Alessandro Del Piero, dan Ronaldinho. Sesuai dengan tradisi, Cristiano Ronaldo pun meninggalkan jejak kakinya dan tanda tangannya di beton khusus saat menerima penghargaan tersebut.

Kesuksesan Cristiano Ronaldo menyabet penghargaan ini tentu saja bukan sebuah hal yang mengherankan. Sebab, dia masih terus menunjukkan kinerja yang apik di usianya yang sudah tak muda lagi.

Di sepanjang 2020, aksi penyerang Juventus itu pun sungguh luar biasa. Cristiano Ronaldo telah mencetak 44 gol untuk klub dan negaranya pada 2020. Hanya Robert Lewandowski yang mencetak gol lebih banyak tahun ini daripada Cristiano Ronaldo, yakni 47 gol untuk klub dan negaranya.

Lionel Messi sendiri berada jauh di belakang Cristiano Ronaldo karena hanya mencetak 26 gol. Berkat aksi apik Cristiano Ronaldo, ia bahkan kini tengah memimpin top skor Liga Italia 2020-2021.