Youssoufa Moukoko menjalani debut Bundesliga melawan Hertha Berlin dan mendapatkan pujian yang luar biasa dari Erling Haaland, tetapi apa lagi yang perlu diketahui tentang striker muda itu?

Lahir di Yaounde pada November 2004, Moukoko menghabiskan 10 tahun pertama hidupnya bersama kakek dan neneknya di ibu kota Kamerun itu sebelum bergabung dengan ayahnya, yang menjadi warga negara Jerman sejak 1990-an, di Hamburg pada musim panas 2014.

Youssoufa muda segera mulai bermain di akademi muda klub St. Pauli dan hanya perlu sedikit waktu untuk menunjukkan kehebatannya dalam mencetak gol.

Selama dua musim, dia mencetak 23 gol hanya dalam 13 pertandingan untuk tim di bawah umur Die Kiezkicker dan tidak lama kemudian Dortmund memanggilnya.

Kemajuannya dalam hampir 4 tahun sejak saat itu sangat luar biasa. Moukoko pertama kali bermain dengan BVB—sebutan Dortmund—U17 ketika berusia 13 tahun, U17 saat usia 14 tahun, dan setelah total 127 gol dan 26 assist hanya dalam 84 penampilan di semua kompetisi untuk BVB di tingkat yunior, pertama kali dipromosikan ke latihan tim utama pada Januari 2020.\

Dia menjaringkan 11 gol hingga bulan lalu sebelum ulang tahunnya yang ke-16. Dia telah mencetak 13 gol dalam empat pertandingan U19 sambil menunggu untuk memenuhi syarat untuk debut penuhnya.

Moukoko mewakili Jerman secara internasional, sudah mendapatkan dua caps U20 setelah mencetak tiga gol dalam empat penampilan untuk timnas U16 asuhan Michael Feichtenbeiner.

Di kompetisi kontinental, dia menjadi pemain termuda yang pernah tampil di UEFA Youth League ketika turun ke lapangan untuk kemenangan 2–1 Dortmund atas Barcelona September tahun lalu pada usia 14 tahun 9 bulan 29 hari.

Rekor lain untuk Moukoko ketika Deutsche Fußball Liga (DFL) mengurangi usia seorang pemain yang secara legal dapat melakukan debut Bundesliga tanpa dispensasi khusus menjadi 16 pada April lalu, yang berarti dia berpotensi muncul untuk tim asuhan Lucien Favre saat bertgandang ke markas Hertha berlin saat usianya 16 tahun lebih sehari.

Youssoufa bukan satu-satunya pesepak bola di keluarganya. Kakak laki-laki Borel, 20 tahun, adalah bek kiri klub divisi 5 Schwarz-Weiß Essen dan sekarang berkutat dengan cedera.