Arsenal dianggap sebagai salah satu calon juara Premier League musim 2022/23 ini. Memang musim masih dini, tapi The Gunners sudah menunjukkan tanda-tanda positif.

Betapa tidak, setelah 13 pertandingan berlalu, Arsenal masih memimpin klasemen sementara dengan 34 poin, hasil dari 11 kemenangan dan satu kali imbang.

Pasukan Mikel Arteta tampak jauh lebih baik dari musim-musim sebelumnya. Arsenal bermain dengan kepercayaan diri tinggi dan tampak memiliki beberapa pemain kunci.

Oleh sebab itu, wajar jika mulai muncul suara-suara positif yang menyebut Arsenal sebagai salah satu calon juara. Optimisme ini juga sampai ke telinga si mantan pemain, Emmanuel Petit.

Petit mengakui bahwa sejauh ini Arsenal telah membuktikan banyak hal positif. Mereka terus bermain apik dan merangkai kemenangan-kemenangan krusial.

Biar begitu, Petit menilai bahwa Arsenal yang sekarang belum bisa dianggap selevel dengan Manchester City. Bagaimanapun Man City masih jadi favorit juara.

“Saya sangat puas dengan permainan Arsenal sejak awal musim. Mereka layak menang atas Chelsea, tapi saya rasa masih ada jurang perbedaan antara mereka dan Man City,” kata Petit.

“Perbedaan tersebut disebabkan oleh dua hal. Pertama karena kedalaman skuad, Anda tidak bisa membandingkan kualitas pemain pengganti dua tim itu. Kedua, Man City merekrut Erling Haaland dan Anda tidak bisa membandingkannya dengan Gabriel Jesus.”

Petit memuji Jesus sebagai salah satu pemain kunci Arsenal sejauh ini. Bagaimanapun gol-gol Jesus telah membantu tim meraih hasil apik. Namun, Jesus bukanlah seorang penentu kemenangan seperti Haaland.

“Saya sangat menyukai Jesus, tapi dia bukanlah penentu kemenangan seperti Haaland. Anda bisa melihat itu ketika Haaland turun dari bangku cadangan di laga lawan Fulham,” sambung Petit.

“Dia membuat perbedaan besar begitu masuk ke lapangan, itulah bedanya. Tidak ada yang tahu apa yang akan dilakukan Arsenal di bursa transfer mendatang, tapi mereka perlu merekrut pemain berkualitas,” tutupnya.