Badan sepak bola Eropa UEFA resmi menunjuk wasit asal Belanda, Bjorn Kuipers sebagai pengadil laga final Euro 2020 yang mempertemukan Italia versus Inggris.

Partai final Euro 2020 kali ini rencananya bakal dipentaskan di Wembley, London pada Senin (12/7/2021) dini hari WIB mendatang, sama dengan dua laga di semifinal.

Lewat laman resmi mereka, UEFA menyatakan bahwa Kuipers ditugaskan untuk memimpin pertemuan Italia versus Inggris. Kuipers pun menjadi wasit Belanda pertama yang memimpin final Piala Eropa.

Pilihan UEFA memang sudah bisa diprediksi mengingat Kuipers menjadi salah satu wasit yang sangat berpengalaman memimpin laga-laga penting.

Hingga kini, Kuipers tercatat pernah mengadili partai final Liga Euro 2018 Marseille vs Atletico Madrid, final Liga Champions 2014 Real Madrid vs Atletico Madrid, final Liga Europa 2013 Benfica vs Chelsea, hingga final Piala Super Eropa 2011 Barcelona vs Porto.

Secara keseluruhan, Kuipers sudah pernah menjadi pengadil pertandingan di sejumlah turnamen akbar, yakni Euro 2012, Piala Dunia 2014, Euro 2016, dan Piala Dunia 2018.

Sementara itu, rekam jejak Kuipers di pentas Euro 2020 kali ini juga cukup apik. Ia sudah dipilih memimpin tiga pertandingan, yakni dua kali di fase grup dan sekali di fase gugur.

Kuipers menjadi pengadil saat Denmark berhadapan dengan Belgia dan Spanyol bertemu Slovakia. Ia juga dipilih menjadi wasit untuk laga Denmark versus Republik Ceko.