Inggris semakin kuat didukung sebagai juara Euro 2020. Senin (12/7/2021), Inggris bakal bertempur dengan Italia di partai final untuk memperebutkan trofi juara Eropa.

Sebelum turnamen, tidak ada yang menduga Inggris bisa melangkah sejauh ini. Bahkan Jamie Carragher selaku analis dan fans Inggris sendiri sempat tidak yakin.

Meski begitu, pasukan Gareth Southgate perlahan-lahan membuktikan diri dengan perkembangan sepanjang turnamen. Mereka mencapai final setelah melewati perjuangan alot.

Carragher mengakui bahwa dia sempat meragukan level Inggris. Bahkan ketika Inggris mencapai fase gugur, dia tetap ragu dengan kemampuan Harry Kane dkk. untuk melaju ke babak penting seperti semifinal.

“Kesempatan ini luar biasa sebab saya tidak yakin Inggris bisa mencapai final. Saya kira melangkah ke semifinal saja sudah bakal jadi pencapaian luar biasa untuk skuad ini,” ujar Carragher di Sky Sports.

“Saya sempat mengira situasi akan sangat sulit, entah melawan Jerman, Prancis, atau Portugal, dan tim Inggris sejak 1966 belum pernah mencapai final.”

Juara lewat adu penalti

Final sulit diprediksi, tapi Carragher berani sedikit bersuara. Menurutnya duel Inggris vs Italia nanti akan berlangsung sangat ketat, tapi The Three Lions punya peluang lebih jika bisa mencapai babak adu penalti.

“Saya kira pertandingan akan berjalan sangat ketat. Menurut saya mungkin bakal sampai adu penalti dan Inggris jadi juara,” sambung Carragher.

“Kami telah bekerja keras soal penalti, jadi mari jangan sia-siakan itu! Menurut saya, tidak akan ada banyak gol dalam pertandingan. Italia punya pertahanan kuat, Inggris juga demikian.”

“Jadi mungkin skor bakal bertahan 1-1 lalu berlanjut ke adu penalti. Saya kira itu final yang pas. Kedua tim ini adalah yang paling impresif sepanjang kompetisi,” tutupnya.