Marc-Andre Ter Stegen bicara soal target Barcelona musim 2019/20 ini. Dia mengakui Liga Champions tetap jadi target nomor satu, tentu tanpa mengabaikan La Liga dan Copa del Rey.

Barcelona punya kenangan buruk di kompetisi itu pada dua musim terakhir. Mereka tersingkir secara menyakitkan di kandang AS Roma (2017/18) dan Liverpool (2018/19). Skenarionya sama, unggul besar di kandang, lalu takluk menyakitkan saat tandang.

Kekalahan dari Liverpool musim lalu itu masih teringat jelas. Barca tampak kerdil di hadapan publik Anfield, menyerah 0-4 meski menang 3-0 di leg pertama.

Tak hanya itu, kekalahan tersebut membawa dampak berantai. Skuat Barca masih trauma, mereka pun gagal menjuarai Copa del Rey.

Kegagalan di Liga Champions itu membuat trofi La Liga terasa hambar, sebagian fans Barca bahkan mengecam Lionel Messi dkk. Kendati demikian, Ter Stegen yakin tahun 2019 ini tetap baik secara umum.

“Tahun ini dipenuhi momen naik dan turun, seperti yang sering terjadi. Tentu saja, baik Barcelona maupun saya selalu berusaha jadi sesukses mungkin. Kami memenangkan banyak pertandingan, sayangnya gagal mencapai final Liga Champions,” kata Ter Stegen kepada Sport.

“Bagaimanapun, saya kira kami menjalani tahun yang bagus secara tim keseluruhan. Kami selalu mencoba berkembang.”

Juga, Ter Stegen menjamin kegagalan di Liga Champions musim lalu tak membuat skuad Barca kapok. Sebaliknya, mereka justru lebih percaya diri musim ini karena punya segudang pengalaman.

“Musim lalu kami menjuarai liga dan punya banyak target ambisius. Sayangnya, kami gagal mewujudkan target itu di Liga Champions dan Copa del Rey,” lanjut Ter Stegen.

“Namun, itulah sepak bola. Anda tidak tahu apa yang akan terjadi, meski saya kira kami mendapatkan banyak pengalaman dari kegagalan itu dan bisa belajar dari hal-hal buruk yang terjadi.”

Lebih lanjut, Ter Stegen menjamin Barca masih belum kapok mencoba meraih trofi Liga Champions. Musim ini, Barca kembali berambisi menjuarai kompetisi paling bergengsi di Eropa itu.

Ketika ditanya apakah menjuarai Liga Champions jadi target utama Barca, Ter Stegen berkata: “Ya, selalu, setiap tahun. Itu pertanyaan mudah. Di klub ini kami selalu ingin meraih setiap gelar yang tersedia. Setiap gelar itu penting, juga Liga Champions, sudah pasti,” pungkasnya.