Kebersamaan Junior Firpo dan Barcelona resmi berakhir. Setelah klub asal Catalunya itu memutuskan menjual sang bek ke Leeds United.

Firpo pertama kali merapat ke Barcelona pada tahun 2019. Pada saat itu ia dibeli dari Real Betis dengan mahar 18 juta Euro.

Dua musim di Barcelona, Firpo kesulitan untuk menembus tim utama El Blaugrana. Alhasil beredar kabar bahwa Firpo akan cabut di musim panas ini.

Rumor itu akhirnya jadi kenyataan setelah Barcelona mengumumkan Firpo pindah ke Leeds United. “Barcelona telah mencapai kesepakatan dengan Leeds United terkait transfer Junior Firpo,” bunyi pernyataan resmi Barcelona.

Dalam pernyataan resmi mereka, Barcelona membeberkan berapa bayaran yang mereka terima untuk Firpo.

Leeds United membayar 15 juta euro untuk jasa sang bek. Angka ini turun 3 juta euro dari harga yang dibayarkan Barcelona ke Real Betis.

Nantinya Firpo akan dikontrak Leeds United hingga tahun 2025.

Meski harganya turun, Barcelona mendapatkan keuntungan dalam transfer Firpo.

Dalam penjualan ini, Barcelona mendapatkan klausul spesial. Di mana jika Leeds menjual Firpo di masa depan, maka 20% hasil penjualannya akan masuk ke kantong El Blaugrana.

Jadi Barcelona bisa dikatakan bakal untung di kemudian hari jika Firpo tampil apik di Elland Road kemujdian dijual ke klub lain.

Selama dua musim di Barcelona, Firpo membuat total 41 penampilan bagi El Blaugrana.

Ia berhasil membuat total dua gol dan dua assist.