Jakarta – Seorang pelatih menjadi pengatur arah yang penting bagi sukses atau tidaknya sebuah klub. Dia dibutuhkan untuk membangun sebuah tim yang paling solid sehingga sulit dikalahkan lawan.

Perannya telah banyak berubah seiring berkembangnya permainan sepak bola. Setiap pelatih pasti akan terus mengembangkan penerapan strategi kepada tim yang sedang ia asuh.

Saat ini, cukup banyak pelatih atau kerap disebut manajer di Liga Inggris berkelas yang menahkodai sejumlah klub top Eropa. Bahkan setiap tim harus saling bersaing demi memperebutkan tanda tangan manajer dengan penuh pengalaman dan prestasi di tim sebelumnya.

Bahkan, sebuah tim harus mengeluarkan uang cukup banyak untuk membayar gaji seorang manajer. Jutaan pounds dikeluarkan setiap tahunnya demi raihan prestasi sebuah tim.

Tanggung jawab seorang pelatih semakin besar, sebesar jumlah gaji yang ia terima. Berikut kami rangkum lima pelatih dengan bayaran tertinggi di dunia yang dilansir dari Sportskeeda:

5. Mauricio Pochettino (Tottenham Hotspur) – 8,5 Juta Pounds per tahun

Mauricio Pochettino bergabung bersama Tottenham Hotspur dari Southampton pada musim panas 2014. Kedatangannya langsung memberikan dampak bagi Spurs. Pada musim pertama, Pochettino mengantarkan The Lilywhites ke partai puncak Piala Liga dan peringkat kelima Premier League.

Pada musim selanjutnya, Spurs tak pernah keluar dari empat besar. Bahkan pada musim lalu, manajer asal Argentina tersebut nyaris membawa Spurs menjadi juara Liga Champions andai tak dikalahkan Liverpool di partai puncak.

Manajer Spurs tersebut baru saja menandatangani kontrak baru pada Mei lalu. Kontrak tersebut bernilai 42,5 juta pounds atau berkisar 8,5 juta pounds per tahun.

4. Zinedine Zidane (Real Madrid) – 10,5 Juta Pounds per tahun

Zinedine Zidane merupakan salah satu manajer tersukses di Liga Champions. Manajer Real Madrid tersebut telah mempersembahkan tiga trofi Si Kuping Besar dalam tiga musim beruntun, yaitu pada musim 2015-16, 2016-17, dan 2017-18.

Zidane memutuskan untuk hengkang dari Real Madrid pada akhir musim 2017-18 setelah mempersembahkan gelar Liga Champions terakhir. Pada periode tersebut, Zidane meraup gaji 7,5 juta euro selama setahun.

Setelah dua kali memecat manajer, Real Madrid akhirnya kembali memanggil Zidane untuk kembali ke kursi kepelatihan pada Maret lalu. Pada periode keduanya melatih El Real, Zidane mendapatkan gaji sebesar 10,5 juta pounds per musim.

3. Pep Guardiola (Manchester City) – 15.2 Juta Pounds per tahun

Pep Guardiola merupakan salah satu manajer tersukses di dunia. Eks manajer Barcelona tersebut telah meraih semua trofi bersama tim yang ia asuh. Salah satu tahun tersuksesnya adalah pada 2009. Pada saat itu, Pep bersama Barcelona memborong habis semua trofi dari kompetisi yang diikuti.

Saat ini, Pep sedang melatih Manchester City. Ia telah membuat The Citizens menjadi klub yang paling ditakuti di Inggris bahkan Eropa. Musim lalu, semua trofi domestik ia borong bersama Manchester City.

Pelatih asal Katalan tersebut mendapatkan gaji sebesar 15,2 juta pounds pertahun sebelum ia menekan kontrak baru pada Mei lalu. Saat ini, masih belum jelas berapa banyak kenaikan gaji yang ia peroleh dari Manchester City.

2. Ernesto Valverde (Barcelona) – 20.2 Juta Pounds per tahun

Ernesto Valverde mendapatkan tekanan begitu besar dari publik Camp Nou. Bagaimana tidak? Manajer asal Spanyol tersebut menjadi manajer dengan bayaran tertinggi kedua dengan nilai 20,2 juta pounds pertahun.

Performa Valverde bersama Barcelona tidak terlalu impresif musim ini. El Barca saat ini masih bersaing ketat dengan Real Madrid, Atletico Madrid, dan Sevilla dalam memperebutkan gelar juara La Liga.

Hasil imbang lawan Slavia Praha menjadi puncak dari amarah Cules. Pasalnya, Slavia Praha merupakan tim terlemah di grup F Liga Champions musim ini.

Walau sedang mengalami penurunan, Valverde telah memberikan sejumlah gelar bagi Barcelona. Dua gelar La Liga, satu Copa del Rey, dan satu Piala Super Spanyol telah Valverde persembahkan bagi El Barca.

1. Diego Simeone (Atletico Madrid) – 35.9 Juta Pounds Pertahun

Manajer dengan bayaran tertinggi di dunia adalah Diego Simeone. Manajer asal Argentina tersebut mendapatkan bayaran sebesar 35,9 juta pounds pertahun dari Atletico Madrid. Kontrak Simeone bersama Los Colchoneros berakhir pada musim panas 2022.

Diego Simeone tersebut telah melatih Atletico Madrid sejak tahun 2011. Sejak saat itu, Atletico masuk ke dalam persaingan gelar juara La Liga bersama dengan Real Madrid dan Barcelona.

Selama melatih Atletico Madrid, Simeone telah mempersembahkan satu gelar La Liga, satu Copa del Rey, satu Piala Super Spanyol, dua Liga Europa, dan dua Piala Super Eropa.