Bicarakan Stadion Final Liga Champions di Kiev

7upcash – Stadion NSC Olimpiyskiy di Kiev akan jadi tuan rumah final Liga Champions 2018 antara Real Madrid vs Liverpool pada 26 Mei yang akan datang. Bicarakan Stadion Final Liga Champions di Kiev

Bicarakan Stadion Final Liga Champions di Kiev

Konfederasi Sepak Bola Eropa UEFA pilih Stadion Olimpiyskiy di Kiev jadi venue final Liga Champions 2018 pada September 2016. Ini adalah pertama kali Ukraina jadi tuan rumah final Liga Champions.

Diambil dari website resmi UEFA, Stadion Olimpiyskiy pertama kali di buka pada 12 Agustus 1923 serta dibuat untuk menyambut pekan olahraga Ukraina yang kedua. Stadion Olimpiyskiy lalu diperbaiki mendekati Olimpiade 1980 serta jelang Piala Eropa 2012.

Vitali Klitschko serta Andriy Shevchenko jadi duta besar final Liga Champions 2018 di Kiev. Vitali Klitschko dan Andriy Shevchenko jadi duta besar final Liga Champions 2018 di Kiev.
Stadion Olimpiyskiy mempunyai kapasitas 70. 050 tempat duduk serta jadi tuan rumah timnas Ukraina dan Dynamo Kiev. Stadion Olimpiyskiy juga seringkali dipakai untuk bebrapa laga penting pertandingan domestik, termasuk juga Piala Ukraina.

Di kawasan Eropa Timur, Stadion Olimpiyskiy cuma kalah besar dari Stadion Luzhniki yang ada di Moskow, Rusia, yang mempunyai kapasitas 81 ribu tempat duduk.

Sebelumnya, Stadion Olimpiyskiy sempat mengadakan beberapa laga penting. Salah satunya adalah final Piala Eropa 2012 antara timnas Spanyol vs Italia pada 1 Juli 2012.

Selain untuk aktivitas berolahraga, Stadion Olimpiyskiy juga jadi langganan tempat konser beberapa musisi terkenal dunia. Band seperti The Rolling Stones, Red Hot Chili Peppers, sampai Aerosmith pernah menyelenggarakan konser di Stadion Olimpiyskiy.

Final Liga Champions Real Madrid vs Liverpool adalah final ulangan pertandingan klub terbesar di Eropa itu pada 1981. Saat itu Liverpool menang 1-0 atas Madrid lewat gol Alan Kennedy.

Madrid melangkah ke final Liga Champions 2018 setelah menang agregat 4-3 atas Bayern Munchen. Sementara Liverpool menaklukkan AS Roma dengan agregat 7-6 di babak semifinal.