Kontrak dari gelandang sekaligus kapten Manchester City, David Silva akan habis pada bulan ini.

Pemain berusia 34 tahun ini dikabarkan merapat klub asal Italia, Lazio.

Kabar tersebut disebarluaskan oleh reporter Sky Sports asal Italia Fabrizio Romano pada Rabu, 12 Agustus dini hari.

David Silva memutuskan mengahabiskan kontraknya bersama Manchester City setelah sepuluh tahun bersama.

Sampai saat ini dirinya masih terikat kontrak bersama City dan masih bisa berlaga dalam babak perempat final liga Champions Eropa.

Musim ini menit bermain Silva tidak sebanyak musim-musim sebelumnya, akan tetapi dirinya masih memiliki catatan yang baik dengan torehan enam gol dan sebelas assis.

Selama satu dekade, David Silva berhasil mencetak 77 gol dan 137 assis dalam 435 penampilannya.

Status legenda sudah melekat pada dirinya, berkat pencapaian dan prestasinya selama berseragam kota biru Manchester ini.

Pria asal Spanyol ini berhasil mempersembahkan empat juara liga Inggris pada musim 2011/2012 merupakan gelar juara liga perdana City di era kepemilikian Sheikh Mansour, juara lagi dua tahun berselang 2013/2014.

Pada tahun 2017/2018 adalah musim bersejarah bagi City dan Inggris sebagai tim pertama yang keluar sebagai juara dengan perolehan seratus poin, dan kembali juara pada musim berikutnya.

Selain juara liga, Siva juga turut terlibat dalam kemenangan dua piala FA, masing-masing pada tahun 2010/2011 dan 2018/2019.

Tidak lupa, lima kali juara piala Liga dengan rekor empat kali juara beruntun bersama pelatihnya sekarang Pep Guardiola dari musim 2015/2016 sampai 2019/2020.

Bersama negara, Silva juga meraih prestasi yang memukau sepanjang karir internasionalnya.

Dirinya terlibat dalam empat tahun masa kejayaan tim nasional Spanyol. Berhasil menjadi jawara Eropa sebanyak dua kali secara beruntun pada tahun 2008 dan 2012.

Ia menjadi bagian dalam sejarah negara kebangsaannya, keluar sebagai juara Piala Dunia 2010 yang diselenggarakan di Afrika Selatan.

Ini merupakan gelar juara dunia Spanyol sepanjang sejarah sepakbola negara tersebut.

Menariknya, David Silva akan bergabung dengan tim yang warna kostumnya sama dengan klub yang sedang ia bela sekarang.