Premier League musim ini telah memasuki pekan ke-22. Persaingan untuk memperebutkan gelar kasta tertingi sepak bola Inggris ini sekarang semakin sengit.

Manchester City saat ini berada di puncak klasemen dengan koleksi 47 poin. Mereka unggul tiga poin atas rival sekotanya Manchester United.

Sementara juara bertahan Liverpool sedang mengalami penurunan. Tim asuhan Jurgen Klopp tersebut sekarang melorot ke peringkat keempat.

Sampai sejauh ini, ada banyak pemain yang berhasil menunjukkan aksi yang menawan di atas lapangan. Di samping itu, ada juga beberapa kiper yang mampu menciptakan banyak clean sheet.

Lalu kiper mana sajakah yang berhasil membuat clean sheet terbanyak di Premier League musim ini? Berikut ini enam pemain teratas.

6. Kasper Schmeichel – Leicester City (8 Clean Sheet)

Leicester City mampu bersaing di papan atas Premier Laegue musim ini. Performa menjanjikan The Foxes itu tidak terlepas dari peran penjaga gawangnya, Kasper Schmeichel.

Kiper asal Denmark itu berhasil menciptakan 8 clean sheet dari 22 pertandingan di Premier League. Sampai sejauh ini gawangnya sudah kebobolan 25 gol.

Leicester sendiri saat ini berhasil menduduki peringkat ketiga di klasemen. Tim asuhan Brendan Rodgers itu mengumpulkan 42 poin dari 22 pertandingan.

5. Bernd Leno – Arsenal (8 Clean Sheet)

Bernd Leno merupakan kiper utama Arsenal. Pemain asal Jerman itu sudah memperkuat klub asal London tersebut sejak tahun 2018.

Leno menjadi andalan Arsenal di Premier League musim ini. Dari 22 pertandingan, kiper 28 tahun itu mencatatkan delapan clean sheet dan kebobolan 22 gol.

Sayangnya, Leno belum mampu mengantarkan timnya berada di posisi empat besar klasemen sementara Premier League. Pasalnya, Arsenal saat ini sedang terpuruk di posisi ke-10 dengan 31 poin.

4. David de Gea – Manchester United (8 Clean Sheet)

Kualitas David de Gea tak perlu diragukan lagi. Ia merupakan sosok yang tangguh di bawah mistar Manchester United.

Pada musim ini, kiper Spanyol itu mampu tampil apik bersama Setan Merah di Premier League. Ia berhasil mencatatkan 8 clean sheet dari 20 pertandingan.

Performa apik De Gea itu mampu melambungkan posisi Setan Merah di klasemen sementara Premier League. Tim asuhan Ole Gunnar Solskjaer sekarang berada di posisi kedua.

3. Edouard Mendy Chelsea (9 Clean Sheet)

Edouard Mendy bergabung dengan Chelsea pada bursa transfer musim panas kemarin. Pemain 28 tahun itu dididatangkan dari klub Prancis Stade Rennais dengan biaya yang mencapai 24 juta euro.

Meski baru bergabung dengan klub, Mendy langsung didapuk sebagai kiper utama Chelsea. Ia menggantikan Kepa Arrizabalaga yang performanya sangat mengecewakan.

Mendy tampil sangat baik di Premier League musim ini. Sejauh ini, kiper berusia 28 tahun itu sudah membukukan 9 clean sheet dari 20 laga.

2. Emiliano Martinez – Aston Villa (10 Clean Sheet)

Emiliano Martinez memutuskan untuk meninggalkan Arsenal pada bursa transfer musim panas kemarin. Kiper asal Argentina itu memilih bergabung dengan Aston Villa.

Keputusan itu sangat tepat karena Martinez sekarang didapuk menjadi kiper utama Villa. Ia juga tampil sangat baik di Premier League musim ini.

Pemain berusia 28 tahun itu berhasil menciptakan 10 clean sheet dari 20 pertandingan. Gawang Martinez sejauh ini sudah kebobolan 24 gol sejauh ini.

1. Ederson – Manchester City (13 Clean Sheet)

Manchester City sudah kembali ke performa terbaiknya dalam beberapa pekan terakhir. Mereka saat ini berada di puncak klasemen sementara Premier League.

Performa impresif Man City di Premier League musim ini tidak terlepas dari peran penjaga gawangnya, Ederson. Kiper asal Brasil itu mampu tampil sangat solid di bawah mistar gawang.

Ederson hanya kebobolan 13 gol dan menciptakan 13 clean sheet dari 21 pertandingan. Apabila Ederson terus menunjukkan performa solid di bawah mistar, bukan tidak mungkin The Citizens akan menjadi juara pada akhir musim.