Sergio Busquets tengah dalam kondisi siap tempur dalam gelaran Piala Dunia 2022. Jelang menghadapi partai perdana Grup E melawan Kosta Rika, Rabu (23/11/2022) malam WIB, Busquets mengaku akan membagikan pengalamannya kepada para pemain muda La Furia Roja dalam menghadapi turnamen akbar tersebut.

Pemain berusia 34 tahun ini akan semaksimal mungkin membantu para generasi baru timnas Spanyol di ajang Piala Dunia 2022 ini. Ia beranggapan bahwa bermain di turnamen sekelas Piala Dunia tidak lah mudah terlebih untuk para pemain muda.

Saat ini, di dalam skuad La Furia Roja terdapat beberapa pemain muda yang diprediksi akan menjadi andalan di Qatar ini. Pemain-pemain seperti Gavi (18 tahun), Pedri (19 tahun), hingga Nico Williams (20 tahun), jelas membutuhkan bimbingan pemain senior untuk bisa tampil tenang dalam menghadapi tekanan di Piala Dunia.

“Ini adalah acara olahraga terbesar dan terkadang Anda merasa gugup ketika Anda masih muda dan Anda tidak memiliki banyak pengalaman. Di situ diperlukan keberadaan pemain senior, dan saya siap.” kata Busquets dalam sesi konferensi pers dilansir dari laman SuperSport.

Sejauh ini, Sergio Busquets menjadi pemain paling tua yang dipanggil oleh pelatih Luis Enrique ke dalam 26 skuad timnas Spanyol. Piala Dunia 2022 menjadi Piala Dunia keempatnya sepanjang kariernya, setelah ikut di Piala Dunia 2010, 2014, dan 2018.

Bahkan, gelandang bertahan milik Barcelona ini merupakan satu-satunya pemain yang menjadi pemenang Piala Dunia yang tersisa di skuad La Furia Roja. Berbekal dengan segudang pengalamannya, Luis Enrique tentunya akan berharap tuah Busquets dalam membimbing para penggawa muda timnas Spanyol di Qatar nanti.