Pertandingan tanpa pemenang dan tanpa gol kembali terjadi di fase grup Piala Dunia 2022. Kali ini datang dari pertandingan Grup C antara Meksiko vs Polandia yang berakhir 0-0 di Ras Abo Aboud Stadium, Selasa (22/11/2022) malam WIB.

Meksiko mengungguli Polandia dari segi permainan di babak pertama. Namun, itu saja belum cukup untuk membawa Meksiko bisa unggul dari segi skor. Sampai 45 menit pertama usai, skor masih imbang 0-0.

Polandia punya kesempatan mencetak gol di menit ke-58 dari titik putih. Hanya saja, tendangan Robert Lewandowski berhasil ditepis kiper Guillermo Ochoa. Kegagalan penalti tersebut memastikan laga berakhir imbang tanpa gol.

Hasil imbang ini memastikan Polandia dan Meksiko berbagi satu poin. Dua tim ini masih di bawah Arab Saudi yang sukses mengemas tiga poin usai membungkam Argentina 2-1.

Polandia kesulitan di awal pertandingan dengan permainan kompak dan rapi Meksiko. Meski sempat mengancam di menit ke-7 lewat tendangan Robert Lewandowski, itu juga jadi satu-satunya tendangan Polandia di babak pertama.

Meksiko memberikan balasan di menit ke-12. Dari jarak yang dua meter di depan gawang, sundulan Hector Moreno masing melambung di atas mistar gawang.

Sejak serangan tersebut, Meksiko rajin mengancam gawng Polandia tanpa henti. Total lima tendangan diiringi 63 persen menjadi bukti betapa Meksiko unggul jauh di babak pertama.

Bahkan di akhir babak pertama, Meksiko punya kesempatan besar untuk mencetak gol. Umpan silang Jorge Sanchez secara tiba-tiba berubah ke arah gawang.

Untungnya kiper Szczesny bereaksi dengan sigap. Ia mengamankan umpan silang nyasar itu jadi tendangan sudut.

Meksiko masih memegang kendali permainan di babak kedua. Namun, Polandia mengubah pendekatan bermainnya sejak melakukan pergantian pemain di awal babak kedua.

Permainan jadi lebih terbuka. Meksiko tetap aktif tetap menyerang, begitu pula Polandia yang akhirnya punya beberapa kesempatan untuk mencetak gol.

Kesempatan terbesar tentu saja hadir bagi Polandia di menit ke-58 saat VAR melakukan pengecekan kemungkinan penalti. Robert Lewandowski dijatuhkan oleh Hector Moreno saat situasi dekat dengan gawang.

Wasit utama Chris Beath yang meninjau langsung VAR akhirnya memberikan hadiah penalti. Akan tetapi, Lewandowski yang maju sebagai algojo gagal menunaikan tugasnya lantaran tendangannya ditepis kiper Ochoa.

Meksiko semakin bersemangat usai penyelamatan yang dibuat sang kapten. Di menit ke-64, Meksiko punya kesempatan emas saat sundulan Henry Martin sempat membentur seorang pemain Polandia. Lagi-lagi, Szczesny bereaksi sigap mengamankannya.

Sejumlah peluang Meksiko dan Polandia datang di babak tambahan waktu. Hasilnya masih sama, penampilan apik kiper masing-masing tim memastikan skor tetap imbang tanpa gol.

Meksiko (4-3-3): Guillermo Ochoa; Jorge Sanchez, Hector Moreno, Cesar Montes, Jesus Gallardo; Luis Chavez, Edson Alvarez, Hector Herrera (Carlos Rodriguez 71’); Alexis Vega (Uriel Antuna 84’), Henry Martin (Raul Jimenez 71’), Hirving Lozano.

Pelatih: Gerardo Martino

Polandia (3-5-2): Wojciech Szczesny; Jakub Kiwior, Kamil Glik, Bartosz Bereszynski; Matty Cash, Sebastian Szymanski (Przemyslaw Frankowski 72’), Grzegorz Krychowiak, Jakub Kaminski, Nicola Zalewski (Krystian Bielik 46’); Robert Lewandowski, Piotr Zielinski (Arkadiusz Milik 88’).

Pelatih: Czeslaw Michniewicz