Perhelatan Premier League 2020/2021 telah tuntas. Manchester City sudah memastikan diri sebagai juara kompetisi kasta tertinggi di Inggris tersebut.

Para pemain City sudah menunjukkan permainan terbaik mereka demi membawa tim Manchester Biru ini ke singgasana juara. Tak heran, dengan raihan ini, mereka menempatkan tiga wakil dalam tim impian Premier League 2020/2021 versi laman statistik Whoscored.

Tim impian versi Whoscored ini disusun berdasar statistik penampilan para pemain sepanjang semusim berlaga di Premier League 2020/2021.

City sendiri bukan tim dengan wakil terbanyak di tim impian ini. Manchester United dan Aston Villa juga masing-masing memiliki tiga wakil di tim impian Premier League 2020/2021 versi Whoscored.

Selain itu, Burnley dan Tottenham Hotspur masing-masing memiliki seorang wakil di tim impian ini.

Siapa saja para pemain yang masuk ke Tim Impian Premier League 2020/2021 versi Whoscored? Simak artikel selengkapnya di bawah ini.

Emiliano Martinez (Aston Villa)

Musim ini, Martinez tampil ciamik untuk Aston Villa. Ia mampu 15 kali menjaga gawang timnya tetap perawan sepanjang musim ini.

Kiper asal Argentina ini juga mampu mencetak 141 penyelamatan. Pemain berusia 28 tahun tersebut memiliki tingkat penyelamatan sebesar 75,1 persen, terbaik di Premier League musim ini.

Dengan catatan tersebut, Martinez mendapat nilai 7,00 dari Whoscored.

Aaron Wan-Bissaka (Manchester United)

Untuk mengisi sektor fullback kanan, Whoscored memilih sosok Aaron Wan-Bissaka. Pemain asal Inggris ini mencetak dua gol dan empat assist sepanjang musim 2020/2021 ini.

Tak cuma ciamik dalam membantu penyerangan, pemain berusia 23 tahun tersebut juga piawai dalam bertahan. Ia melakukan gabungan tackle dan intersep sebanyak 150 kali, tertinggi di antara para pemain bertahan lain di Premier League musim ini.

Whoscored memberi Wan-Bissaka nilai 7,15.

James Tarkowski (Burnley)

Mengisi satu posisi di jantung pertahanan adalah James Tarkowski. Pemain belakang asal Manchester ini berperan besar di balik sukses Burnley lolos dari jerat degradasi.

Pemain belakang berusia 28 tahun ini mencetak 159 clearance -tertinggi ketiga musim ini- dan 165 kali menang duel -tertinggi di Premier League musim ini.

Kemampuan apik Tarkowski ini membuatnya meraih nilai 7,04 poin dari Whoscored.

Harry Maguire (Manchester United)

Musim ini, Maguire menjadi salah satu pilar lini belakang Manchester United. Pemain belakang berusia 28 tahun ini andalan Setan Merah dalam menghalau bola-bola udara.

Dalam catatan Whoscored, kapten United ini memiliki rataan sukses duel udara sebesar 75,8%.

Tak cuma apik dalam bertahan, Maguire juga bagus kala membantu penyerangan timnya. Sepanjang musim ini, ia mencetak dua gol dan satu assist bagi United.

Dengan catatan-catatan tersebut, Whoscored memberi nilai 7,04 kepada Maguire.

Joao Cancelo (Manchester City)

Cancelo menunjukkan penampilan impresifnya pada musim ini, yang juga merupakan musim keduanya bersama City. Pemain berusia 27 tahun ini mencetak 2,7 tackle per 90 menit, terbaik di Premier League musim ini.

Selain itu, Cancelo juga memiliki kemampuan apik dalam menyerang. Pemain asal Portugal ini sempat mencetak dua gol dan tiga assist Premier League 2020/2021.

Cancelo mendapat ganjaran nilai 7,31 dari Whoscored.

Riyad Mahrez (Manchester City)

Musim ini, Riyad Mahrez sukses meneruskan performa apiknya bersama Manchester City. Ia menjadi sosok kunci dalam sukses skuad besutan Pep Guardiola ini.

Mahrez, sepanjang Premier League musim 2020/2021, mencetak sembilan gol dan enam assist untuk tim tetangga Manchester United ini.

Tak hanya itu, pemain asal Ajazair tersebut juga mencatatkan dua umpan kunci dan 2,1 dribble sukses tiap 90 menit. Dengan catatan ini, ia sukses menjadi salah satu andalan City di sektor gelandang kanan.

Dengan catatan ini, pemain berusia 30 tahun tersebut mendapat ganjaran nilai 7,31 dari Whoscored.

Kevin De Bruyne (Manchester City)

De Bruyne menjadi pilihan utama di tim impian Premier League 2020/2021 versi Whoscored. Kendati kerap didera cedera, pemain asal Belgia ini selalu mampu memaksimalkan kesempatan yang ia miliki.

Selain enam gol yang ia cetak, De Bruyne juga mencetak 12 assist. Pemain berusia 29 tahun ini pun mencetak 19 peluang dan 80 umpan kunci. Tak heran, dengan performanya ini, De Bruyne mendapat nilai 7,65 dari Whoscored.

Bruno Fernandes (Manchester United)

Sebagai partner De Bruyne di jantung lini tengah tim impian versi Whoscored, ada sosok Bruno Fernandes. Sama seperti De Bruyne, Fernandes merupakan nyawa lini tengah timnya pada musim 2020/2021 ini.

Gelandang Manchester United tersebut mencatat 18 gol dan 13 assist bagi Setan Merah musim ini. Pemain asal Protugal ini pun mencetak 95 umpan kunci dan 20 kali menciptakan peluang berkualitas untuk Manchester United.

Dengan catatan ini, tak salah jika pemain berusia 26 tahun tersebut mendapat poin 7,43 dari Whoscored.

Jack Grealish (Aston Villa)

Grealish tak banyak mendapat kesempatan tampil pada musim ini. Sepanjang musim ini, pemain asal Inggris tersebut hanya memiliki 2187 menit bermain.

Namun, kehadiran Grealish sangat vital. Tanpa kehadiran pemain berusia 25 tahun tersebut, rasio kemenangan Villa melorot, dari 54.2% menjadi 21.4%.

Kendati tak banyak mendapat kesempatan bermain, Grealish mencetak enam gol dan sepuluh assist bagi Villa. Ia pun mencetak 81 umpan kunci sepanjang musim ini.

Kemampuan Grealish ini tak lepas dari pengamatan para pemain bertahan lawan. Terbukti, ia menjadi pemain yang paling sering dilanggar lawan, dengan 110 pelanggaran.

Performa Grealish sepanjang musim ini pun membuatnya diganjar nilai 7,56 dari Whoscored.

Ollie Watkins (Aston Villa)

Sebagian orang mungkin terkejut dengan masuknya nama Ollie Watkins ke dalam tim impian ini. Namun, keheranan ini tak perlu terjadi jika melongok data statistik pemain berusia 25 tahun tersebut.

Watkins sukses mencetak 15 gol dan lima assist sepanjang musim ini. Raihan golnya seharusnya bisa bertambah jika bukan karena nasib sial yang ia alami. Tujuh tembakan Watkins masih menyasar tiang dan mistar gawang lawan.

Dengan ketajaman ini, Watkins mendapat poin 7,18 dari Whoscored.

Harry Kane (Tottenham)

Pemain terakhir untuk melengkapi komposisi Tim Impian Premier League 2020/2021 versi Whoscored adalah Harry Kane. Penyerang asal Inggris ini memang menunjukkan penampilan luar biasa pada musim ini.

Kane mencetak 23 gol dan 14 assist. Hal ini menjadikan pemain berusia 27 tahun tersebut sebagai pencetak gol dan assist terbanyak di Premier League 2020/2021. Ia juga sempat 13 kali terpilih sebagai pemain terbaik dalam pertandingan pilihan Whoscored.

Akhir musim ini, Kane mendapat nilai 7,79 poin dari Whoscored, yang juga membuatnya terpilih sebagai pemain terbaik musim ini versi laman statistik tersebut.