oleh

Ini Sejarah Asal Mula Piala Dunia FIFA mulai Tahun 1930

Setiap empat tahun, dunia menggila menyambut salah satu acara olahraga terbesar sepanjang masa, Piala Dunia FIFA. Turnamen sepak bola internasional ini memiliki rata-rata 3,2 miliar penonton, 400 juta lebih sedikit dari Olimpiade.

Di seluruh dunia, orang-orang berkumpul di kedai kopi, bar olahraga, dan tempat umum lainnya untuk berbagi kemenangan dan kekalahan tim favorit mereka. Energi dari kerumunan seperti itu sangat menggembirakan!

Sejarah Piala Dunia

Untuk memahami sepenuhnya apa turnamen olahraga ini dan mengapa ia menyedot begitu banyak penonton, kita perlu tahu lebih banyak tentang sejarahnya dan bagaimana penyelenggaraannya.

Dikutip dari berbagai sumber, FIFA, atau Federation Internationale de Football Association, adalah sebuah organisasi yang didirikan pada tahun 1904 oleh perwakilan dari tujuh negara Eropa: Prancis, Belgia, Denmark, Belanda, Spanyol, Swedia, dan Swiss. Mereka mengkodifikasikan aturan main dalam pertandingan internasional dan kompetisi terorganisir.

Namun, mereka awalnya tidak membayangkan menjadi tuan rumah acara Piala Dunia.

Piala Dunia Pertama

Dari pertandingan sepak bola internasional pertama itu, minat terhadap kompetisi global mulai tumbuh. Namun, kompetisi Sepak Bola Olimpiade sudah ada sebagai acara setiap empat tahun.

Di tengah perdebatan menegangkan dan berkelanjutan antara FIFA dan Komite Olimpiade Internasional mengenai status amatir atlet, FIFA memilih untuk menjadi tuan rumah kompetisi internasional mereka sendiri, yang memungkinkan tim nasional untuk memilih pemain dari klub sepak bola profesional lokal.

Turnamen Piala Dunia FIFA pertama digelar pada tahun 1930 di Montevideo, Uruguay yang melibatkan tiga belas tim. Lokasi ini dipilih karena Uruguay memenangkan emas Olimpiade untuk sepak bola pada tahun 1924 dan 1928, dan banyak perayaan mewah telah direncanakan untuk menghormati ulang tahun ke-100 negara tersebut.

Sayangnya, hanya empat negara Eropa yang hadir , karena masalah ekonomi di Eropa dan ketakutan para pemain akan kehilangan pekerjaan harian mereka jika mereka mengambil banyak waktu istirahat demi mengambil bagian dalam acara itu.

Pertandingan pertama turnamen Piala Dunia 1930 dimainkan pada 13 Juli antara Prancis dan Meksiko (Prancis menang 4 -1) dan Amerika Serikat dan Belgia (AS menang 3-0). Pada akhir turnamen, Uruguay memegang trofi Piala Dunia pertama.

Dinamakan Victory, dan dalam bahasa sehari-hari dikenal hanya dengan nama “World Cup”, trofi ini berganti nama menjadi Jules Rimet pada tahun 1946 untuk menghormati presiden FIFA yang menggagas turnamen pertama.

Setelah Brasil memenangkan Piala Dunia ketiganya, trofi Jules Rimet dipensiunkan dan trofi baru, FIFA World Cup Trophy, digunakan mulai tahun 1974 dan seterusnya. Tim pemenang menerima replika berlapis emas dari piala emas murni dan setiap pemain di tim menerima medali.

Event ini berlanjut setiap empat tahun hingga hari ini, dengan pengecualian pada 1942 dan 1946 karena pecahnya Perang Dunia II. Pertandingan kembali diadakan pada 1950, di mana Uruguay menang untuk kedua kalinya dalam sejarah Piala Dunia.

Fakta Menarik Piala Dunia

1. Hanya 13 tim yang bertanding di Piala Dunia pertama: Argentina, Belgia, Brasil, Bolivia, Chile, Prancis, Meksiko, Paraguay, Peru, Rumania, Amerika Serikat, Uruguay, dan Yugoslavia.

2. Tidak ada negara di luar Eropa atau Amerika Selatan yang pernah memenangkan Piala Dunia. Daftar lengkapnya:

Brasil – 5 kali juara
Jerman – 4 kali juara
Italia – 4 kali juara
Uruguay – 2 kali juara
Argentina – 2 kali juara
Inggis – 1 kali juara
Prancis – 1 kali juara
Spanyol – 1 kali juara

3. Brasil adalah satu-satunya negara yang tidak pernah absen di Piala Dunia sejak turnamen ini dimulai pada 1930.

4. India sesungguhnya lolos ke Piala Dunia 1950, tetapi memilih keluar dari turnamen. Alasannya, mereka tidak diperbolehkan bermain tanpa alas kaki, yang merupakan satu-satunya cara tim ini berlatih pada saat itu.

5. Pickles, seekor anjing Inggris milik David Corbett, menemukan paket mencurigakan saat berjalan-jalan dengan pemiliknya pada tahun 1966. Pahlawan yang tidak terduga itu menemukan trofi Jules Rimet, yang telah dicuri enam hari sebelumnya di London.

6. Trofi Jules Rimet kembali hilang karena dicuri dari Brasil pada tahun 1983. Trofi tersebut diyakini telah dicairkan karena belum pernah ditemukan sampai sekarang.

7. Pada 2002, Piala Dunia akhirnya diadakan di Asia. Tahun ini juga untuk pertama kalinya Piala Dunia memiliki dua tuan rumah – Korea Selatan dan Jepang.

8. Brasil memenangkan Piala Dunia sebanyak lima kali. Kemenangan pertama Tim Samba datang pada 1958, diikuti 1962, 1970, 1994 dan 2002.

9. Jerman mencetak gol paling banyak dalam sejarah Piala Dunia dengan jumlah 224 gol dalam 106 pertandingan.

10. Pelé mengoleksi trofi Piala Dunia paling banyak dibandingkan pemain manapun. Pemain sepak bola terbaik abad ke-20 ini bagian dari tim nasional negaranya yang memenangkan Piala Dunia 1958, 1962 dan 1970.

Daftar Juara Piala Dunia Dari Masa ke Masa

Tahun         Tuan Rumah Piala Dunia               Juara

1930                        Uruguay                           Uruguay

1934                         Italia                                  Italia

1938                         Prancis                              Italia

1942                 Perang Dunia II                            –

1946                 Perang Dunia II                            –

1950                         Brasil                                Uruguay

1954                         Swiss                             Jerman Barat

1958                        Swedia                                Brasil

1962                         Cile                                     Brasil

1966                         Inggris                            Jerman Barat

1970                         Meksiko                               Brasil

1974                         Jerman Barat                  Jerman Barat

1978                         Argentina                           Argentina

1982                         Spanyol                               Italia

1986                         Meksiko                             Argentina

1990                         Italia                                Jerman Barat

1994                         USA                                     Brasil

1998                         Prancis                                Prancis

2002                        Jepang-Korsel                       Brasil

2006                        Jerman                                   Italia

2010                         Afrika Selatan                      Spanyol

2014                         Brasil                                    Jerman

2018                         Rusia                                    Prancis