Pesepakbola legenda Liverpool, Jamie Carragher, mendorong manajemen The Reds –julukan Liverpool– untuk mendatangkan Dayot Upamecano (RB Leipzig) pada bursa transfer Januari 2021. Carragher menilai, jika Liverpool memang tertarik mendatangkan Upamecano pada musim panas 2020, silakan untuk kembali berjuang pada Januari 2021.

“Ada seorang pria muda yang dibicarakan semua orang, Upamecano, seorang bek Leipzig. Ia memang tidak memiliki profil setinggi Van Dijk, namun jika ia yang ingin didatangkan Liverpool pada musim panas 2020, silakan keluarkan uang ekstra dan lakukan pada 1 Januari,” kata Carragher mengutip dari Sky Sports, Senin (26/10/2020).

Liverpool saat ini memang membutuhkan bek berkualitas. Sebab, bek andalan mereka yakni Virgil van Dijk dipastikan absen dalam 7-9 bulan ke depan karena cedera lutut.

Selain Van Dijk, bek tek tengah Liverpool lainnya Joel Matip juga akrab dengan cedera. Saat ini saja, bek keturunan Kamerun itu tengah absen dan kemungkinan baru bisa merumput pada Rabu 27 Januari 2020.

Akibat krisis di lini belakang, pelatih Liverpool Jurgen Klopp hingga memainkan Fabinho sebagai bek tengah. Padahal, pesepakbola berpaspor Brasil itu memiliki posisi asli sebagai gelandang bertahan.

Lantas, berapa uang yang dikeluarkan Liverpool untuk mendatangkan Upamecano? Menurut laporan The Sun, manajemen Liverpool akan mengeluarkan 40 juta pounds atau sekira Rp764,3 miliar.

Bagaimana performa Upamecano sendiri? Bek bertinggi badan 186 sentimeter ini berperan penting atas kesuksesan RB Leipzig dalam dua musim terakhir.

Musim ini di Liga Jerman, gawang RB Leipzig hanya kemasukan tiga kali dari lima pertandingan awal, sehingga saat ini kukuh di puncak klasemen dengan koleksi 13 angka. Catatan itu merupakan yang terminim ketimbang klub-klub Liga Jerman 2020-2021 lainnya.

Selain kukuh dalam bertahan, Upamecano juga aktif dalam menyerang. Terbukti dalam lima pertandingan Liga Jerman 2020-2021, Upamecano mengoleksi satu gol.

Karena itu, kehadiran Upamecano merupakan berkah terselubung bagi Liverpool. Kehadiran Upamecano bukan tak mungkin membuat Liverpool dapat membantu mereka mempertahankan trofi Liga Inggris.