Ada banyak spekulasi muncul soal siapa kiper nomor satu timnas Jerman di Piala Dunia 2022 mendatang karena Manuel Neuer sempat dibekap cedera. Neuer lalu menjelaskan bahwa statusnya sebagai kiper utama Jerman tidak akan berubah.

Sekitar satu bulan sebelum Piala Dunia, Neuer sempat menderita cedera. Tak tanggung-tanggung, kiper yang sudah berusia 36 tahun itu absen selama 24 hari. Tujuh laga bersama Bayern Munchen dilewatkannya.

Untungnya Neuer sudah kembali bermain di tiga laga terakhir bersama Munchen sebelum Piala Dunia. Walaupun sudah bermain, publik sempat meragukan soal kondisinya.

Diskusi soal siap yang layak jadi kiper utama Jerman mengemuka. Pilihannya saat itu antara dua kiper lain yang dibawa Jerman, yaitu Marc-Andre Ter Stegen dan Kevin Trapp.

Dua nama yang disebut bukanlah kiper sembarangan. Ter Stegen merupakan kiper utama Barcelona dan Trapp adalah kiper utama Eintracht Frankfurt saat menjuarai Liga Europa 2021/2022 lalu.

“Kita tahu bahwa kami memiliki kiper kelas dunia di dalam tim ini. Tetapi peran masing-masing sudah dikomunikasikan secara jelas kepada Ter Stegen dan Trapp,” ujar Neuer dilansir dari Tz.

“Kami tetap baik-baik saja setelahnya. Itulah kenapa saya katakan tidak ada masalah lagi dengan rekan-rekan saya itu,” lanjutnya.

Semenjak debut pada 2009 lalu, Neuer dengan cepat menjadi kiper utama per tahun 2010 dan sekarang sudah mencatatkan 113 penampilan. Salah satu prestasi terbaik Neuer tentu saja menjuarai Piala Dunia 2014 di Brasil.

Seiring dengan bertambahnya usia Neuer, ia beberapa kali dibekap cedera. Namun, posisi kiper utama selalu kembali kepadanya. Begitu pula yang terjadi di tahun ini.

“Itu sama sekali tidak pernah jadi bahasan di dalam tim. Staf pelatih telah membuatnya sejelas mungkin bahwa dari awal saya adalah kiper nomor satu di Jerman,” ungkap Neuer.

Bagi Neuer, Piala Dunia 2022 menjadi edisi keempat yang diikutinya. Walaupun sekarang usianya sekarang sudah 36 tahun, ia tidak menutup kemungkinan untuk tetap berada di timnas hingga edisi Piala Dunia selanjutnya.

Namun, semua itu masih harus menunggu perkembangan terbaru fisiknya. Selama ia masih kuat dan prima seperti sekarang, posisi penjaga gawang Der Panzer bukan tidak mungkin tidak akan berubah sampai empat tahun lagi.