Timnas Portugal, bersama Cristiano Ronaldo, akan mencoba meraih gelar juara dunia pertamanya di pentas Piala Dunia 2022 yang diselenggarakan di Qatar.

Portugal baru tujuh kali mengikuti gelaran Piala Dunia dari 21 edisi yang ada. Mereka tampil pada tahun 1966, 1986, lalu lima kali beruntun dari 2002 hingga 2018.

Dari tujuh kali penampilan itu, pencapaian terbaik mereka adalah meraih posisi ketiga pada 1986 saat Eusebio bermain. Prestasi yang bahkan pada era Cristiano Ronaldo yang telah memperkuat Portugal dalam empat Piala Dunia, belum mampu menyamainya.

Ronaldo memperkuat Portugal mulai Piala Dunia 2006 hingga 2018 dan paling banter menduduki peringkat keempat. Dalam lima edisi lainnya, dua kali Portugal ke 16 besar dan tiga kali gagal lolos dari babak penyisihan grup.

Lalu bagaimana peluang mereka pada Piala Dunia 2022 yang kemungkinan bakal menjadi penampilan terakhir Cristiano Ronaldo di ajang ini? Negara peringkat 9 rangking FIFA itu berada di Grup H bersama Uruguay, Ghana, dan Korea Selatan.

Dari peringkat FIFA, Portugal yang paling diunggulkan untuk lolos. Tetapi sebelum menyaksikan aksi Cristiano Ronaldo dkk di Piala Dunia 2022, simak dahulu profil Timnas Portugal.

Cristiano Ronaldo bukan hanya bintang bagi Timnas Portugal tetapi juga sosok kapten tim. Piala Dunia 2022, kemungkinan menjadi ajang terakhir baginya di turnamen ini karena usianya sudah 37 tahun.

Meski telah memenangi sejumlah gelar bergengsi, Ronaldo masih penasaran dengan trofi Piala Dunia. Dari empat edisi Piala Dunia yang telah dia ikuti, paling mentok Portugal hanya sampai semifinal dan akhirnya harus puas di peringkat keempat.

Ronaldo yang memiliki 189 caps dan 117 gol bagi Portugal tentunya ingin mempertajam rekornya. Dia saat ini merupakan pemain dengan jumlah gol terbanyak di dunia untuk timnas.

Fernando Manuel Fernandes da Costa Santos sudah membesut Portugal sejak 2014 atau sudah sewindu hingga kini. Dia mengalami pasang surut prestasi bersama Timnas Portugal.

Setelah berhasil membawa Portugal jadi juara Piala Eropa 2016, dia hanya mampu mengantar Os Navegadores hingga 16 besar di Piala Dunia 2018 dan Euro 2020. Dia kini akan menghadapi Piala Dunia keduanya bersama Portugal dan mungkin jadi penentuan nasibnya.

Fernando Santos masih beruntung karena tidak hanya akan mengandalkan Ronaldo. Ada sejumlah pemain bintang seperti Rafael Leao hingga Bernardo Silva yang bisa dia maksimalkan di Qatar.

Kiper: Diogo Costa (FC Porto), Jose Sa (Wolverhampton Wanderers FC), Rui Patricio (AS Roma)

Belakang: Diogo Dalot (Manchester United), Joao Cancelo (Manchester City), Danilo Pereira (Paris St Germain), Pepe (FC Porto), Ruben Dias (Manchester City), Antonio Silva (SL Benfica), Nuno Mendes (Paris St Germain), Raphael Guerreiro (Borussia Dortmund)

Tengah: Joao Palhinha (Fulham FC), Ruben Neves (Wolverhampton Wanderers), Bernardo Silva (Manchester City), Bruno Fernandes (Manchester United), Joao Mario (SL Benfica), Matheus Nunes (Wolverhampton Wanderers FC), Vitinha (Paris St Germain), William Carvalho (Real Betis), Otavio (FC Porto)

Depan: Cristiano Ronaldo (Manchester United), Joao Felix (Atletico Madrid), Rafael Leao (AC Milan), Ricardo Horta (SC Braga), Goncalo Ramos (FC Benfica), Andre Silva (RB Leipzig)