Manchester City boleh jadi ada di posisi terdepan dalam antrean mendapatkan Lionel Messi dari Barcelona. Namun, bagaimana cara mereka menuntaskan transfer sang megabintang yang luar biasa mahal?

Nasib Messi ada di negosiasi dengan Barcelona. Diskusi akan melahirkan dua kutub ekstrem: entah Messi bisa pergi dengan gratis atau klub peminat harus membayar klausul rilis sebesar 700 juta euro.

Membayar semahal itu jelas tak mungkin. Artinya Barca harus membuka negosiasi, terlebih jika Messi sudah bersikeras mengajukan permintaan transfer.

Negosiasi ini pun masih akan menghasilkan angka yang luar biasa mahal, mungkin sekitar 250 juta euro. Namun, jumlah itu masih lebih baik daripada 700 juta euro.

Man City bisa saja membayar 250 juta euro tunai, tapi masalahnya ada aturan FFP yang mengikat. Uang yang mereka keluarkan harus sesuai dengan pembukuan klub.

Sebab itu, cara lain yang bisa ditempuh Man City adalah dengan menjual pemain-pemainnya terlebih dahulu. Di antara banyak nama, Raheem Sterling bisa jadi salah satu yang dikorbankan, seperti yang dijelaskan analis Premier League, Perry Groves.

“Man City punya banyak aset. Raheem Sterling adalah contoh sempurna. Mereka mendatangkannya dengan 50 juta pounds, sekarang pasti dia ada di harga 100 juta pounds — dia pun sudah berkata mungkin tertarik hengkang ke Real Madrid,” buka Groves kepada Express.

“Jika di masa depan nanti mereka harus menjual pemain seperti Sterling untuk menjaga kondisi finansial klub ke depannya, mereka akan melakukannya.”

Dengan asumsi Barca mau membuka negosiasi Messi di angka 250 juta pounds, Groves yakin Man City bisa mendapatkan sang pemain. Perihal transfer, Man City adalah salah satu klub terbaik di Eropa.

Menjual beberapa pemain demi Messi? Bukan hal sulit untuk Man City. Singkatnya, Man City boleh mengambil risiko membeli Messi sekarang, lalu menjual Sterling di masa mendatang.

“Mereka ada di posisi menguntungkan dan dari sudut pandang mereka, ada tim legal dan finansial terbaik yang sedang mempertimbangkan kasus ini,” imbuh Groves.

“Jika Juventus, sebuah klub yang katakanlah mendapatkan kurang dari 100 juta pounds setahun di bawah Man City bisa mendapatkan Cristiano Ronaldo, berarti Man City klub terkaya di dunia jelas mampu mendatangkan Lionel Messi,” tutupnya.