Sebuah momen penting terjadi di balik kemenangan Liverpool atas Manchester United. Penyerang Sadio Mane dilaporkan menolak ajakan jabat tangan dari Jurgen Klopp dengan menggelengkan kepalanya.

Liverpool menang dengan skor 4-2 atas United pada laga tunda pekan ke-34 Premier League, Jumat (14/5/2021) dini hari WIB. Ini adalah kemenangan pertama The Reds atas United di Old Trafford sejak 2014 lalu.

Dari empat gol Liverpool, dua di antaranya dicetak Roberto Firmino. Sedangkan, dua gol lain dicetak Diogo Jota dan Mohamed Salah. Sementara, dua gol United dicetak Bruno Fernandes dan Marcus Rashford.

Sadio Mane tidak dimainkan sejak menit awal. Pemain asal Senegal itu baru dimainkan pada menit ke-74 untuk menggantikan Diogo Jota. Rupanya, situasi itu membuat Sadio Mane kesal dengan Klopp.

Dilaporkan BBC Sport, Mane menolak ajakan Klopp bersalaman begitu laga usai. Saat Klopp mendekatinya, usai laga, Mane justru menggelengkan kepala dan melewati sang manajer begitu saja.

Jurgen Klopp tidak menampik ada yang masalah dengan Sadio Mane. Namun, kata manajer asal Jerman itu, yang terjadi antara dirinya dan Mane hanya soal komunikasi yang buruk tentang keputusan teknis sebelum laga. Klopp gagal memberi penjelasan yang memadai tentang pilihan starting XI di laga melawan United, di mana Mane menjadi cadangan.

“Kemarin saya membuat keputusan yang terlambat saat latihan untuk pergi dengan Diogo Jota. Saya biasanya akan menjelaskannya tetapi tidak ada waktu untuk itu. Semuanya baik-baik saja,” kata Klopp.

“Saya mengubah banyak hal cukup terlambat saat latihan. Para pemain terbiasa dengan penjelasan saya dan saya tidak melakukannya. Tidak ada waktu, lupakan, terserah. Dan itu dia. Semuanya baik-baik saja,” kata Klopp. Graeme Souness, pandit sepak bola Inggris, mengecam sikap Sadio Mane pada Klopp. Dia menilai mantan pemain Southampton itu menunjukkan sikap yang tidak hormat pada manajer dan keputusan yang diambil.

“Tidak sopan. Jika saya adalah manajer, saya tidak akan senang,” ucap Souness.

“Dia harus menunjukkan sedikit rasa hormat. Itu tidak menghormati manajer dan klub. Bagaimana dia bisa berdebat? Dia tidak menjalani musim yang hebat dan Liverpool menang 4-2 lho,” kata Souness.

Jamie Redknapp, kepada BBC Sport, juga terheran dengan sikap Sadio Mane. Redknapp belum pernah melihat momen serupa terjadi antara Klopp dengan pemain Liverpool lain. Mane adalah yang pertama.

“Kami belum pernah melihat seorang pemain melakukan itu kepada Klopp sebelumnya. Itu terjadi, dia ingin bermain, dan dia menunjukkan emosi,” papar Redknapp.