Kabar baik menghampiri skuad timnas Amerika Serikat jelang menghadapi Belanda pada babak 16 besar Piala Dunia 2022, Sabtu (3/12/2022) malam WIB. Winger sekaligus pilar penting The Yanks, Christian Pulisic mengaku kondisinya sudah merasa lebih baik dan siap diturunkan jika diberi kesempatan.

Pulisic mengalami cedera panggul saat mencetak gol krusial melawan Iran di fase Grup B kala itu. Pemain berusia 24 tahun merasa dirinya sudah melakukan segalanya untuk bisa tampil di pertandingan penting tersebut bersama timnas Amerika.

“Lihat saja bagaimana perasaan saya, menerimanya hari demi hari dan saya akan melakukan segala daya saya untuk bekerja dengan tim medis dan memastikan saya bisa bermain [melawan Belanda],” kata Pulisic dalam sesi konferensi pers dilansir dari laman Reuters.

Dengan kondisi sang pemain makin membaik, tentunya akan menjadi modal penting bagi timnas Amerika dalam menghadapi Ons Oranje. Terlebih, dengan membaiknya kondisi Pulisic akan membuat pelatih Gregg Berhalter semakin mempunyai banyak opsi dalam menyiapkan lini serang The Yanks.

Christian Pulisic mendapati cedera memar panggul usai mencetak gol ke gawang timnas Iran dalam matchday terakhir di fase grup. Dalam prosesnya, ia mengalami benturan dengan kiper Team Melli sebelum menceploskan bola ke jala lawan.

“Itu sangat menyakitkan. Anda tahu, tulang itu ada karena suatu alasan, untuk melindungi Anda. Dan itu sakit, tetapi seperti yang saya katakan, kondisi saya menjadi lebih baik.”

“Mencetak gol dan membantu tim dengan cara apa pun yang saya bisa adalah apa yang harus saya lakukan di sini [Piala Dunia 2022]. Saya di sini untuk membuat permainan besar dan melakukan apa yang saya bisa untuk membantu tim,” jelasnya.

Berkat meraih hasil kemenangan saat menghadapi Iran di pertandingan terakhir, timnas Amerika Serikat lolos ke babak 16 besar dengan status runner up. Dan The Yanks sudah ditunggu oleh juara Grup A yaitu Belanda.

Menurut Pulisic laga tersebut tentu tidak akan mudah bagi rekan-rekannya. Menurutnya Ons Oranje merupakan tim dengan reputasi yang bagus di sepak bola serta dihuni oleh pemain-pemain hebat.

“Saya pikir kita semua tahu bahwa Belanda adalah tim besar, dengan banyak pemain berkualitas,” kata Pulisic. Kemudian, Pulisic menambahkan ia bertekad timnya meningkatkan profil sepak bola di Amerika Serikat yang sejauh ini masih didominasi oleh bola basket, baseball, dan American Football.

“Saya pikir semua orang di rumah menyadari bahwa tim sepak bola mereka memiliki bakat. Terserah kita untuk melangkah sejauh yang kita bisa dan membuat pernyataan [prestasi],” pungkasnya.