PSSI Lakukan Investigasi Terkait Mafia Bola

7upcash – Rumor terdapatnya pendapat penyusunan skor dalam sepakbola Indonesia muncul kembali. Diawali dari pernyataan Manajer Madura FC, Januar Herwanto, yang ditawari untuk bermain mata oleh anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Hidayat. PSSI Lakukan Investigasi Terkait Mafia Bola.

PSSI Lakukan Investigasi Terkait Mafia Bola

Januar memaparkan, Hidayat minta Madura FC untuk mengalah pada pertandingan Liga 2 menantang PSS Sleman, 2 Mei 2018. Langsung, publik kaget mendengarnya.

Sebab, yang dituduh menjadi aktor penting penyusunan score ialah pejabat PSSI, otoritas paling tinggi sepakbola Indonesia itu seakan tidak ingin belajar dari beberapa kasus sama yang jadi pro-kontra.

Menyikapi permasalahan ini, Sekretaris Jenderal PSSI, Ratu Tisha Destria, menjelaskan, pihaknya telah semenjak 2017 lakukan kerja sama juga dengan instansi pemantau penyusunan score, Genius Sports. Beberapa laporan telah diterima serta mereka lakukan investigasi kelanjutan.

“Jauh sebelumnya merebak di publik, pada September 2017, PSSI telah bekerja bersama dengan Genius Sports. Mereka ialah salah satunya mitra FIFA untuk dapat identifkasi pertandingan yang anomali serta mengirim data ke kami,” kata Tisha, Jumat 30 November 2018.

“Laporan mereka kirimkan dengan cara langsung. Jika ada pertandingan yang butuh diinvestigasi selanjutnya, akan ditindaklanjuti PSSI. Proses ini berbentuk rahasia, sebab ini ialah investigasi. Jika terbuka kelak kita tidak dapat tangkap,” katanya.

Tisha pastikan, penyusunan score akan diperangi habis-habisan oleh PSSI. Bahkan juga, mereka mesti keluarkan dana yang banyak untuk membayar Genius Sports.

“Kami begitu memerangi beberapa hal demikian. Bahkan juga, sebelumnya semua jadi perbincangan, kami telah membagikan dana lumayan besar untuk bekerja bersama dengan Genius Sport. Tempatnya PSSI telah pro aktif mengerjakannya,” katanya.