Michy Batshuayi kembali meninggalkan Chelsea. Pada hari Kamis (10/9/2020) kemarin, pria berusia 26 tahun tersebut kembali ke pelukan Crystal Palace dengan status pemain pinjaman.

Ini bukan kali pertama Batshuayi memperkuat Crystal Palace. Ia pernah mengenakan seragam kebanggaan the Eagles pada pertengahan kedua musim 2018/19, di mana dirinya mampu mencetak lima gol dari 11 penampilan di Premier League.

Karir Batshuayi di Chelsea sendiri lebih banyak dihabiskan sebagai pemain pinjaman. Ia sudah melanglang buana sejak tahun 2018 lalu, di mana Borussia Dortmund menjadi klub pertama tempat dirinya menjadi pemain pinjaman.

Pada musim kemarin, ia diberi kesempatan untuk menembus skuat inti Chelsea dan bahkan dimainkan sebanyak 24 kali di semua ajang. Sayangnya, ia masih tetap kalah saing dengan Tammy Abrahan dan Olivier Giroud.

Batshuayi kemudian memilih Crystal Palace sebagai klub tempatnya untuk berpijak. Karena memiliki kenangan yang positif di Selhurst Park, transfer pinjaman ini pun dirasanya seperti pulang ke rumah sendiri.

“Saya merasa seperti di rumah sekarang. Namun saya harus menunjukkan musim yang bagus di sini, bekerja bersama rekan setim dan saya ingin memberikan yang terbaik di sini,” tutur Batshuayi dikutip dari Goal International.

“Ini bukan kali pertama saya berada di sini. Saya mengenal rekan setim, saya mengenal bos, saa tahu bagaimana klub di sini bekerja. Bagi saya, ini adalah keputusan terbaik,” lanjut penyerang berdarah Belgia tersebut.

Bisa dikatakan, Batshuayi sudah kehilangan tempatnya begitu Chelsea resmi mendatangkan Timo Werner dari RB Leipzig beberapa bulan yang lalu. Untungnya pelatih Crystal Palace, Roy Hodgson, mau menampungnya dengan tangan terbuka.

“Saya sangat senang kami bisa mendapatkan Michy sebagai pinjaman selama satu musim penuh. Ia memberikan dampak yang bagus untuk klub di masa pinjaman sebelumnya, meski hanya berjalan lima bulan saja,” ucap Hodgson.

“Ia menunjukkan ancaman mencetak gol yang sangat kami butuhkan pada saat itu, dan kami meyakini kalau dirinya mampu melakukannya lagi.”

Batshuayi menjadi pemain ke-3 yang direkrut oleh Crystal Palace pada bursa transfer musim panas ini. Sebelumnya mereka telah mendatangkan Eberechi Eze dan Nathan Ferguson, masing-masing dari QPR dan West Brom.