Brasil hanya bermain imbang 0-0 dengan Kolombia dalam duel Kualifikasi Piala Dunia 2022, Senin (11/10/2021) pagi WIB. Hasil ini tentu kurang memuaskan bagi pasukan Tite.

Betapa tidak, sebelumnya Brasil tampil sempurna dengan 100% kemenangan di laga-laga kualifikasi Piala Dunia. Rekor apik itu harus terhenti setelah mereka bermain tak maksimal dan harus puas dengan hasil imbang.

Brasil tidak bermain sebaik biasanya di laga tersebut. Superstar mereka, Neymar, tampak tidak menonjol sepanjang pertandingan, nyaris tidak terlihat.

Performa buruk Neymar inilah yang dianggap jadi biang kerok kekalahan Brasil. Lantas, apa kata Tite sebagai pelatih?

Neymar membuat 15 kesalahan operan dalam pertandingan tersebut, angka yang cukup besar untuk ukuran superstar. Karena itu, permainan Neymar di laga ini dianggap buruk dan jadi penyebab kekalahan Brasil.

Tudingan ini ternyata tidak bisa diterima oleh Tite. Sebagai pelatih, dia menegaskan bahwa penilaian untuk Neymar tidak cukup adil.

“Neymar bermain baik, seluruh tim juga demikian,” kata Tite dikutip dari Goal internasional.

“Mungkin dia selalu diharapkan melakukan hal-hal luar biasa dan harus jadi pembeda sepanjang waktu.”

Lebih lanjut, Tite meyakini kesulitan Neymar juga dapat dimaklumi. Kolombia bertahan dengan baik, Neymar dijaga minimal dua pemain sepanjang laga.

“Dia pemain luar biasa karena dia bisa menciptakan sesuatu dalam momen-momen luar biasa, tapi jelas tidak sepanjang waktu. Dia pemain berbeda, kami tahu itu,” lanjut Tite.

“Namun, hari ini dia dijaga ketat, terkadang dengan dua pemain yang terus mengekor dan menjaganya,” tutupnya.