Semua kompetisi sepak bola Eropa yang kini ditunda akibat pandemi virus corona diprediksi akan kembali bergulir paling lambat akhir Mei atau setelah hari raya Idul Fitri.

Menurut Presiden La Liga, Javier Tebas, semua negara Eropa dan UEFA sudah menentukan tiga tanggal yang akan menjadi patokan melanjutkan kompetisi domestik musim ini.

Hanya, hingga saat ini masih belum bisa dipastikan karena perkembangan pandemi virus corona khususnya di Eropa belum membaik.

“Kami dan UEFA sudah mempertimbangkan berbagai situasi dan kemungkinan kompetisi akan kembali bergulir 28 Mei, 6 Juni, atau 28 Juni,” kata Javier Tebas dikutip dari situs Goal.

“Kami belum bisa memberi kepastian. Kami harus menunggu keputusan pihak berwenang. Namun, kami masih punya waktu berlatih sebelum tiga tanggal itu,” ujar Tebas menambahkan.

Tebas menilai kompetisi Eropa harus diusahakan dimulai lagi pada tiga tanggal tersebut untuk menghindari dampak yang lebih luas.

“Kami tidak ingin melewati Agustus untuk menyelesaikan kompetisi musim ini. Sudah jelas bahwa situasi sekarang pasti akan memengaruhi jadwal musim depan,” ujar Tebas menambahkan.

Terkait dengan kelanjutan kompetisi, FIFA telah mengeluarkan rekomendasi anyar terkait kontrak pemain dan bursa transfer musim depan, Selasa (7/4/2020).

Dikutip dari situs NBS Sports, secara garis besar berikut adalah tiga rekomendasi FIFA:

1. Diusulkan kontrak pemain yang akan berakhir (Juni 2020) agar diperpanjang sampai musim ini berakhir.

2. Prinsip yang sama berlaku untuk kontrak yang akan dimulai pada musim depan. Itu berarti, kontrak pemain anyar baru bisa berlaku ketika bursa transfer atau kompetisi musim depan dimulai.

3. FIFA akan fleksibel dan memungkinkan mengubah jadwal bursa transfer awal musim depan tergantung kapan kompetisi 2019-2020 berakhir.

Kontrak pemain memang menjadi salah satu masalah yang timbul akibat kompetisi ditunda dan belum jelas kapan akan bergulir lagi.

Sebagai contoh, kontrak Willian di Chelsea dan Zlatan Ibrahimovic di AC Milan akan berakhir tepat pada 30 Juni 2020.

Jika rekomendasi FIFA dijalankan Chelsea dan AC Milan, Willian dan Ibrahimovic kemungkinan besar akan mendapatkan perpanjangan kontrak satu atau dua bulan.

Hal serupa juga dialami oleh pemain baru yang sudah dikontrak. Salah satu contohnya adalah rekrutan anyar Chelsea, Hakim Ziyech.

Ziyech yang didatangkan dari Ajax Amsterdam pada Januari 2020 dalam kontraknya akan bergabung ke Chelsea tepat pada 1 Juli 2020.

Namun, setelah ada rekomendasi FIFA, jadwal kedatangan Ziyech ke Chelsea kemungkinan besar akan mundur.

Status Ziyech, Willian, dan Ibrahimovic seluruhnya akan ditentukan oleh kapan kompetisi musim ini dimulai lagi dan berakhir.