Premier League 2021/22 baru memasuki beberapa pertandingan di paruh kedua. Meski begitu, jika mengamati kondisi sekarang, mungkin mudah membelah klasemen jadi dua bagian di papan atas.

Bagian pertama diisi oleh tiga tim yang bersaing merebut trofi, ada Manchester City, Chelsea, dan Liverpool. Saat ini Man City unggul jauh di puncak, tapi masih terlalu dini mencoret Chelsea dan Liverpool.

Bagian kedua adalah tim-tim yang berebut satu spot sisa di empat besar. Saat ini ada West Ham, Arsenal, Tottenham, dan Manchester United yang diyakini bakal bersaing ketat.

Pembagian ini bukannya tanpa alasan Terlihat jelas bahwa kualitas tiga tim teratas unggul jauh dari rival-rival terdekatnya.

Analisis terkait persaingan di klasemen sementara ini disampaikan oleh Alan Smith dari Sky Sports. Meski pertandingan masih panjang, menurutnya kulitas tiga tim top tersebut unggul cukup jauh dari tim-tim pengejar lainnya.

“Ada selisih tujuh poin dengan Liverpool di peringkat tiga, jadi tampaknya bakal sulit mengejar pasukan Jurgen Klopp, Chelsea, dan si pemuncak klasemen Man City,” kata Smith di Sky Sports.

“Saya tahu masih ada banyak pertandingan, tapi City, Chelsea, dan Liverpool adalah tiga tim terbaik saat ini.”

“Pasukan Pep Guardiola adalah yang terbaik dan seujurnya mereka unggul cukup jauh. Saya yakin tiga tim itu akan mengisi tiga besar.

Menariknya, sejauh ini tidak ada gambaran pasti tim yang bisa mengamankan satu spot sisa di empat besar. Ada banyak tim yang bersaing ketat dan diyakini memiliki kualitas serupa.

West Ham, Arsenal, Tottenham, dan MU. Keempatnya memiliki peluang sama untuk empat besar, tidak ada yang lebih unggul, setidaknya untuk kondisi saat ini.

MU mungkin lebih difavoritkan, dengan syarat mereka mampu memperbaiki performa. Skuad MU diisi pemain-pemain bintang, sudah seharusnya mereka bersaing di papan atas.

Namun, tim-tim lain seperti Arsenal dan West Ham juga tidak bisa dipandang remeh.