Lazio mencatat kemenangan keenam beruntun di Serie A Italia setelah mengatasi Cagliari dengan skor tipis 1-0 dalam pertandingan penutup pekan ke-21 pada Senin (8/2/2021) dini hari WIB.

Kemenangan itu mendongkrak Lazio naik ke posisi kelima di klasemen sementara dengan 40 poin, sekaligus menempel ketat rival sekota AS Roma. Bagi Cagliari, kekalahan itu menyebabkan mereka masih tertahan di posisi ke-18 dengan 15 poin.

Gol semata wayang bagi Lazio dalam pertarungan di Stadion Olimpico Roma tersebut dikontribusi ujung tombak Ciro Immobile ketika pertandingan berjalan 1 jam.

Lazio menekan sejak awal melalui upaya Immobile dan Luis Alberto yang tidak tepat sasaran. Setelah itu kiper Alessio Cragno dapat menahan sundulan Immobile.

Cragno kembali harus bekerja keras untuk menepis sepakan voli Luis Alberto, serta ancaman selanjutnya yang dihadirkan sepakan voli Immobile memanfaatkan umpan Joaquin Correa.

Pada awal babak kedua, kiper klub Sardinia itu masih mampu menepis sundulan Immobile. Cagliari kemudian harus kehilangan Charalambos Lykogiannis yang mengalami cedera lutut.

Lazio sangat terfokus saat menyerang. Mereka hampir kecolongan saat Razvan Marin melepaskan sepakan cungkil yang dapat diantisipasi kiper Pepe Reina.

Pelatih Lazio Simene Inzaghi kemudian mendorong Sergej Milinkovic-Savic untuk bermain lebih ke depan. Pendekatan itu segera menuai hasil, pemain Serbia itu mengirimkan bola panjang di tepi lapangan, pada saat yang bersamaan Immobile melepaskan diri dari kawalan bek Cagliari untuk kemudian menyambarnya menjadi gol.

Cagliari mencoba membalas. Stefan Radu perlu memblok tembakan Leonardo Pavoletti, setelah itu Cagliari memainkan Giovanni Simone sebagai pemain pengganti.

Tamu memiliki dua peluang bagus pada menit-menit terakhir pertandingan. Adam Marusic kehilangan bola yang dikuasainya, dan Pepe Reina lantas meninju bola umpan silang Alberto Cerri, dan Gaston Pereiro menyambar bola pantul untuk melambung ke atas mistar gawang.

Reina juga bekerja keras menggagalkan sepakan voli Nahitan Nandez, namun Cagliari harus meneruskan catatan buruk mereka dari tim ibukota. Mereka tidak pernah mengalahkan Lazio di Liga Italia sejak Mei 2013, dan ini merupakan kekalahan beruntun ke-10 mereka di Stadion Olimpico.

Hasil lengkap pekan ke-21: Fiorentina 0 vs Inter Milan 2; Sassuolo 1 vs Spezia 2; Atalanta 3 vs Torino 3; Juventus 2 vs Roma 0; Genoa 2 vs Napoli 1; Benevento 1 vs Sampdoria 1; AC Milan 4 vs Crotone 0; Udinese 2 vs Hellas Verona 0; Parma 0 vs Bologna 3; Lazio 1 vs Cagliari 0.

Top Skor Liga Italia Pekan 21

Zlatan Ibrahimovic dan Ciro Immobile berhasil memperbaiki posisinya dalam daftar top skor Liga Italia. Keduanya sekaligus menekan posisi Cristiano Ronaldo setelah sama-sama mencetak gol dalam lanjutan laga pekan ke-21, Senin dinihari WIB, 8 Februari 2021.

Zlatan Ibrahimovic memborong dua gol saat AC Milan menang 4-0 kala menjamu Crotone. Dua gol lainnya diborong Ante Rebic.

Dengan tambahan dua gol itu, Ibra naik ke posisi kedua daftar top skor. Ia kini sudah mengumpulkan 14 gol, sama dengan Romelu Lukaku (Inter Milan) dan Ciro Immobile (Lazio).

Immobile juga baru naik ke posisi tersebut. Golnya menjadi penentu saat Lazio menang 1-0 atas Cagliari, dinihari nanti.

Posisi puncak daftar top skor saat ini masih dipegang Cristiano Ronaldo. Sehari sebelumnya, bintang Portugal itu menyumbang gol saat Juventus mengalahkan AS Roma 2-0.

Persaingan perebutan posisi top skor Liga Italia akan kembali berlangsung pada pekan ke-22, akhir pekan ini. Juventus akan menghadapi Napoli, Inter Milan melawan Lazio, sedangkan AC Milan akan ditantang Spezia.

Top Skor Liga Italia
16 gol: Cristiano Ronaldo (Juventus)
14 gol: Romelu Lukaku (Inter Milan), Ciro Immobile (Lazio), Zlatan Ibrahimovic (AC Milan)
12 gol: Luis Muriel (Atalanta), Andrea Belloti (Torino)
10 gol: Lautaro Martinez (Inter).