SEBAGAI kompetisi sepakbola paling semarak, tentu saja perputaran uang di Liga Inggris semakin deras. Selain transfer pemain berharga selangit, klub juga harus mengeluarkan uang dalam jumlah yang banyak guna menggaji personel mereka.

Ya, gaji selangit memang menjadi daya pikat tersendiri bagi pesepakbola asing. Otot finansial klub-klub Liga Inggris terhitung merata, mulai dari klub papan atas hingga bawah. Dengan kibasan poundsterling, amat mudah bagi klub-klub di Inggris untuk mengoda pemain.

Tentu saja tidak semua pemain layak dihargai mahal. Kualitas yang ditawarkan plus kontribusi terhadap tim menjadi beberapa pertimbangan. Berikut adalah deretan pemain bergaji termahal di Liga Inggris 2020-2021, dirangkum dari Sportskeeda, Jumat (16/10/2020).

5. Mesut Ozil

Nama pemain asal Jerman ini patut masuk dalam daftar pesepakbola dengan gaji tertinggi di Liga Inggris. Mesut Ozil diketahui menerima bayaran bersih 268.750 poundsterling (setara Rp5,1 miliar) per pekan. Nominal itu menjadikannya pemain dengan gaji tertinggi di Arsenal.

Sayangnya, nominal selangit itu mubazir dalam semusim terakhir. Mesut Ozil lebih banyak diparkir di bangku cadangan, alih-alih merumput. Tidak heran, Arsenal dikabarkan siap menjalin negosiasi agar yang bersangkutan mau memutus kontraknya dalam waktu dekat.

4. Paul Pogba

Di atas Mesut Ozil ada Paul Pogba. Pemain asal Prancis ini didatangkan Manchester United dengan harga 89 juta poundsterling (setara Rp1,69 miliar) pada musim panas 2016. Demi memikatnya, Setan Merah menawarkan gaji bersih 290 ribu poundsterling (setara Rp5,5 miliar) per pekan.

Sejauh ini, pemain berusia 27 tahun itu berperan cukup sentral di lini tengah Man United dengan torehan 33 gol dalam 168 pertandingan di semua kompetisi. Namun, kontraknya hanya tersisa setahun lagi di Inggris. Setan Merah mau tidak mau harus menaikkan gajinya atau kehilangan Paul Pogba secara gratis.

3. Raheem Sterling

Man City berani menggaji Raheem Sterling dengan nominal 300 ribu poundsterling (setara Rp5,71 miliar) per pekan. Nilai itu sebanding dengan kontribusinya di atas lapangan. Pemain asal Inggris itu membantu The Citizens mengoleksi dua gelar juara liga sejak 2015.

Pesepakbola berusia 25 tahun itu juga masih menjadi andalan Pep Guardiola hingga hari ini. Hal itu tidak mengherankan karena Raheem Sterling menyumbang 103 gol dan 77 assist dari 248 kali kesempatan berkostum Man City di semua kompetisi.

2. Kevin de Bruyne

Nama Kevin de Bruyne menyeruak di urutan kedua pada daftar ini. Peran penting KdB tidak perlu diragukan lagi. Selain andal dalam mengatur tempo permainan, pesepakbola asal Belgia ini juga memberikan elemen kreativitas dalam permainan Man City.

Catatan Kevin de Bruyne sungguh mengagumkan. Dalam 227 kesempatan membela Man City, pesepakbola berusia 29 tahun itu mengukir 58 gol dan 90 assist. Sumbangsih itu membuat City berani memberikan bayaran bersih 320.833 poundsterling (setara Rp6,1 miliar).

1. David de Gea

Sosok pemain bergaji tertinggi di Inggris sungguh tidak disangka-sangka. Pasalnya, David de Gea berposisi sebagai penjaga gawang. Sementara empat pemain lain beroperasi di lini tengah dan depan, yang sumbangsihnya bisa diukur dengan gol.

Tentu apabila ingin melihat sumbangsih David de Gea harus melihat dengan kacamata lain. Lelaki asal Spanyol itu merupakan pemain dengan masa bakti terlama di skuad Man United saat ini. Sepanjang satu dekade itu, De Gea mampu menjadi andalan di bawah mistar gawang.

Ketika memperpanjang kontrak pada musim panas 2019, David de Gea mengangguk setuju atas tawaran gaji sebesar 375 ribu poundsterling (setara Rp7,1 miliar) per pekan. Tak heran, pesepakbola berusia 29 tahun itu menjadi pemain bergaji tertinggi di Inggris.