LONDON – pemain keturunan Indonesia yang bergabung dan bermain di Liga Inggris musim ini.

Pemain keturunan Indonesia itu adalah Kenny Tete. Menurut laporan dari media Belanda, VI, Kenny Tete sudah selangkah lagi bakal bermain di Liga Inggris bersama klub promosi asuhan Scott Parker, yaitu Fulham.

Kenny Tete disebut tinggal selangkah lagi bakal bergabung dengan Fulham karena baru saja dinyatakan lulus tes medis dengan klub asal kota London itu.

Ia dibeli dengan harga 3,2 juta Euro (setara Rp56,8 miliar) dari Olympique Lyon. Sang pemain diikat dengan kontrak selama empat tahun.

The Cottagers akan menjadi klub ketiga bagi Kenny Tete sejak debut bersama Ajax Amsterdam pada musim 2014-2015. Namanya mulai mencuat sejak dipercaya mengisi satu tempat di lini belakang De Godenzonen secara rutin pada musim 2015-2016.

Pemain berdarah Indonesia itu mengaku tidak berpikir panjang untuk menerima tawaran Fulham. Kendati berstatus sebagai tim promosi di Liga Inggris 2020-2021, Kenny Tete tertarik dengan proyek yang diusung Manajer Scott Parker.

Kenny Tete sendiri diketahui memiliki darah Indonesia dari sang ibu bernama Natascha Simon yang menikahi seorang pria keturunan Mozambik, Miguel Tete. Kenny Tete sendiri juga tidak menampik asal-usulnya yang punya keturunan Indonesia.

“Ibu saya orang Indonesia. Bisa berbicara bahasa Indonesia dengan lancar. Kami sekeluarga sering ke Indonesia dan nenek saya sering bolak-balik Belanda-Indonesia,” tutur Kenny Tete seperti dilansir dari Sepakbolanda.

Sebagai informasi, Kenny Tete sempat masuk dalam daftar 24 nama pemain keturunan Indonesia yang tersebar di Eropa hasil rilisan Kementerian Pemuda dan Olahraga. Akan tetapi Kenny Tete memilih untuk membela Belanda.