Cristiano Ronaldo mendapatkan kepercayaan dari Erik Ten Hag lagi untuk menjadi kapten Manchester United pada pekan ke-15 Liga Inggris 2022/2023 menghadapi Aston Villa di Villa Park, Minggu (6/11/2022).

Keputusan memberi ban kapten kepada Ronaldo memang sudah lama tidak terjadi. Ronaldo tidak menjadi pilihan kapten di Man United, tidak seperti di timnas Portugal kala namanya terus didapuk jadi pemimpin tim.

Ten Hag pun membeberkan keputusannya dengan memberikan kepercayaan itu ke Ronaldo. Menurutnya, ia ingin sang pemain memberikan contoh kepada rekan-rekannya yang lain di lapangan.

“Ketika dia menjadi kapten dan pemimpin maka dirinya harus bisa memberikan contoh. Itu yang saya harapkan dari dia di lapangan,” ungkapnya dilansir dari Metro.

Terakhir kali Ronaldo mengenakan ban kapten tersebut musim lalu. Ketika itu Man United melakoni laga kandang pekan ke-22 Liga Inggris 2021/2022 menghadapi Wolverhampton.

Sama seperti di musim ini, saat itu Ronaldo juga bermain sejak menit awal. Ia memimpin rekan-rekannya di lapangan selama 90 menit penuh.

Sayangnya saat itu Man United menelan kekalahan tipis. Pasukan Setan Merah tertunduk lesu di depan ribuan pendukungnya sendiri setelah ditekuk 0-1 oleh Wolverhampton.

Ten Hag menjelaskan keputusannya memilih Ronaldo sebagai kapten karena tidak ada pemain lain yang dianggapnya bisa memimpin. Meskipun sebenarnya ada David De Gea yang turun di pertandingan tersebut.

“Dia harus mengambil peran sebagai pemimpin karena Harry [Maguire] tidak bermain dan Bruno [Fernandes] sedang menerima akumulasi kartu,” ucap dia.

Maguire sejatinya adalah kapten utama tim di musim ini, tetapi belakangan ia sering duduk di bangku cadangan, termasuk di laga ini. Pemain lain yang biasa menggantikan posisinya adalah Bruno.

Penunjukan Ronaldo sebagai kapten ini menegaskan betapa pentingnya sang pemain di dalam tim. Walaupun banyak spekulasi yang beredar soal dirinya yang tidak betah, ingin minggat, sampai sempat dihukum Ten Hag gara-gara tidak profesional.

“Dia adalah bagian penting skuat ini. Saya sudah sampaikan itu sejak awal musim dan saya akan tetap akan mengatakan yang sama. Kami senang dengannya,” tutup Ten Hag.