Perubahan Format Piala Dunia Antarklub Ditentang Beberapa Tim Eropa

7upcash – Gagasan FIFA untuk mengubah kompetisi Piala Dunia Antarklub nyatanya tidak memperoleh tanggapan yang positif dari beberapa klub Eropa. Mereka juga telah melayangkan surat memprotes ke FIFA menjadi tanda penolakan pergantian format Piala Dunia Antarklub. Perubahan Format Piala Dunia Antarklub Ditentang Beberapa Tim Eropa
Perubahan Format Piala Dunia Antarklub Ditentang Beberapa Tim Eropa

Selain telah memberi surat penolakan, klub-klub Eropa yang terhimpun dalam Asosiasi Club Eropa (ECA) telah pastikan tidak akan ikut juga di edisi perdana pada tahun 2021 yang akan datang. Akan tetapi, mereka tidak tutup peluang untuk ikut juga di edisi setelah itu pada tahun 2024.

“Para anggota ECA telah pastikan tidak akan ikut juga dalam pertandingan Piala Dunia Antarklub pada tahun 2021. Kami masih tetap selalu membahas peluang untuk ikut juga di edisi tahun 2024,” catat pengakuan sah ECA diambil dari situs BeSoccer.

Surat sah itu telah diantar ke FIFA pada tanggal 14 Maret lalu. Beberapa klub raksasa seperti Bayern Munich, Juventus, Barcelona, Manchester United, serta PSG jadi pemrakarsa penolakan yang dikerjakan oleh ECA.

Presiden FIFA, Gianni Infantino sendiri menjelaskan jika pergantian format Piala Dunia Antarklub mempunyai tujuan untuk mengakomodir perubahan cepat dari tiap-tiap klub di semua belahan dunia. Dia juga pastikan edisi perdana akan diselenggarakan pada musim panas 2021 yang akan datang. Isi slot yang semula disiapkan untuk arena Piala Konfederasi.

Dalam format barunya, Piala Dunia Antarklub akan menghadapkan 24 team terbaik dari semua belahan dunia. Rinciannya ialah, delapan klub dari Eropa, enam dari Amerika Selatan, tiga team semasing dari Afrika, Asia, Amerika Utara serta Amerika Utara, dan satu perwakilan Oseania.